Analisis Perilaku Konsumen Remaja Surabaya Dalam Memilih Telepon Genggam

Tjokrosaputro, Meriwati (2002) Analisis Perilaku Konsumen Remaja Surabaya Dalam Memilih Telepon Genggam. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136158

Abstract

Pengguna telepon genggam saat ini tidak hanya berasal dari para eksekutif yang mapan saja tetapi lebih dari itu telepon genggam sudah banyak digunakan oleh para ABG-ABG atau remaja. Bagi remaja Surabaya khususnya, telepon genggam sudah merupakan kebutuhan baik untuk berkomunikasi maupun sekedar untuk meningkatkan gengsi. Dalam memilih telepon genggam, setiap remaja memiliki prioritas-prioritas pilihan yang berbeda-beda. Oleh kurena itu, dengan meninjau aspek demografis dan psikografis, dilakukan analisis gaya hidup para remaja Surabaya sehingga dengan proses eksplorasi tersebut dapat diberikan suatu informasi mengenai karak"teristik remaja dan perilaku pembeliannya terhadap telepon genggam. Selanjutnya juga dilakukan proses komparatif antara gaya hidup remaja Surabaya dibandingkan dengan gaya hidup remaja kota-kota besar yang telah diketahui sebelumnya melalui riset yang dilakukaa oleh lembaga riset MARS untuk mengetahui apakah kedua gaya hidup tersebut memiliki persamaan serta memberikan strategi yang tepat untuk menggarap para remaja ini. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa secara demografis, dapat disimpulkan bahwa remaja sudah menggunakan telpon genggam sejak duduk di bangku SMU dan belum bekerja sehingga mereka masih mengandalkan uang saku dari orang tua. Berdasarkan dari tinjauan psikografis, para remaja Surabaya ini memiliki karakteristik atau faktor utama pembentuk gaya hiduup yaitu : Self Realization, Self Acceptance, Selaf Extention, Self as Rational Cooper, Self identification, Self. Aware, Self Disclosure dan Openminded. Kemudian setelah dilakukan proses clustering, ternyata terbentuk 5 segmen remaja yang memiliki persamaan karakteristik antara lain : Segmen Theoretical yang dalam perilaku pembelian telepon genggam memprioritaskan tampilan fisik dan merek; Segmen Popular Sanguinist yang menekankan hal-hal yang simple dalam memilih telepon genggam; Segmen Perfect Melancholic yang secara bersama-sama melihat tampilan fisik , fasilitas dan keawetan dari telepon genggam tersebut; Segmen Ekstrovert yang selalu mengikuti perkembangan teknologi sehingga menginginkan telepon genggam dengan fasilitasnya yang lengkap; dan yang terakhir Segmen Socially Useful yang menomorsatukan telepon genggam dengan sinyal kuat. Secara keseluruhan tempat pembelian yang dituju di Surabaya untuk membeli telepon genggam adalah WTC, dana yang dianggarkan berkisar Rp 1.000.000-Rp 2.000.000,- sedangkan untuk merek yang banyak dipakai remaja saat ini yaitu Nokia. Melalui proses perbandingan ternyata survei yang dilakukan lembaga riset MARS terhadap gaya hidup remaja di kota-kota besar memiliki hasil yang hampir sama dengan gaya hidup remaja Surabaya. Namun informasi yang diperoleh dari remaja Surabaya lebih mendalam dan bervariasi daripada hasil survei MARS.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 03 Jan 2014 04:33
Last Modified: 03 Jan 2014 04:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7138

Actions (login required)

View Item View Item