Hubungan Antara Persepsi Terhadap Telkom Memo Dengan Tingkat Kepuasan Konsumen

Erlanda, Wiedyana (2003) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Telkom Memo Dengan Tingkat Kepuasan Konsumen. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148915

Abstract

Persaingan bisnis yang kian ketat membuat perusahaan-perusahaan, termasuk PT Telkom Indonesia, membuat inovasi-inovasi baru dan efisiensi agar tetap dapat bertahan hidup. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia adalah membuat produk-produk jasa baru, salah satunya adalah Telkom Memo. Telkom Memo ini diluncurkan oleh PT Telkom Indonesia agar pengguna dapat merekam pesan dari telepon yang masuk ketika telepon yang dituju sedang sibuk atau tidak ada yang mengangkat. Dengan layanan baru ini, PT Telkom Indonesia ingin agar konsumen lebih banyak merasakan manfaat dari penggunaan telepon. Namun harapan ini tidak terwujud, karena konsumen PT Telkom Indonesia banyak mengeluhkan produk jasa baru ini. Beberapa contoh keluhan yang sering dikemukakan oleh konsumen adalah kurangnya informasi memadai dari sumber resmi mengenai cara pemakaian dan berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk menggunakan jasa ini. Dampak dari keluhan ini salah satunya adalah ketidakpuasan konswnen. Permasalahan yang disebutkan di atas melatarbelakangi penelitian mengenai "Hubungan antara persepsi terhadap Telkom Memo dengan tingkat kepuasan konsumen." Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan Darmo Permai dengan mengambil populasi konsumen pengguna jasa layanan Telkom Memo yang pemah sedikitnya menggunakan Telkom Memo sebanyak tiga kali selama tahun 2002 ini. Sampel penelitian sebanyak 50 orang diambil dengan teknik incidental sampling, dimana diambil sampel sesuai dengan kriteria yang ada dalam populasi penelitian. Data penelitian yang terkumpul dengan menggunakan angket kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil yang didapatkan adalah "Ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap Telkom Memo dengan tingkat kepuasan konsumen." Hal ini dapat dilihat dari nilai r sebesar 0,678 dan p < 0,01. Pengujian masing-masing aspek persepsi terhadap Telkom Memo (aspek bukti fisik, aspek orang, dan aspek fasilitas) dengan tingkat kepuasan konsumen menunjukkan bahwa aspek fasilitas yang mempunyai hubungan signifikan dengan tingkat kepuasan konsumen ( nilai r par = 0,334 dan p < 0,05), sedangkan dua aspek lainnya (aspek bukti fisik dan aspek orang) tidak mempunyai hubungan (p > 0,05). Sumbangan variabel persepsi terhadap Telkom Memo dengan tingkat kepuasan konsumen sebesar 45,9%.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 07 Jan 2014 06:06
Last Modified: 07 Jan 2014 06:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7175

Actions (login required)

View Item View Item