Puspitasari, Widhya (2004) Hubungan Antara Experiental Marketing dengan Loyalitas Konsumen Ponsel Nokia. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Strategi pemasaran Experiential Marketing yang bertujuan untuk mempertahankan loyalitas konsumen menitikberatkan pada membangun pengalaman yang positif, unik dan mengesankan melalui Experience Provider yang berupa iklan, karakter merek, desain produk, kantor yang representatif dan sumber daya manusia yang mumpuni. Dengan objek penelitian Nokia, diharapkan akan tergali pengalaman tak terlupakan yang meliputi pengalaman sensori melalui penglihatan, pendengaran dan perabaan terhadap ponsel Nokia, pengalaman afektif melalui perasaan dan emosi ketika menggunakan ponsel Nokia, pengalaman kognitif melalui pikiran dan intelektualitas ketika bereksplorasi dengan ponsel Nokia, pengalaman fisik dan gaya hidup dalam berinteraksi dengan orang lain menggunakan ponsel Nokia, dan pengalaman individual yang meliputi semua unsur sensori, afeksi, kognisi, gaya hidup dan interaksi sebagai sarana untuk mencapai diri yang ideal. Experiential Marketing ini meningkatkan loyalitas konsumen dengan cara menggali keunggulan emosional dari ponsel sehingga konsumen terkesan akan pengalaman positif yang tak terlupakan dan akan membentuk long term memory, sehingga konsumen menjadi fanatik dan secara word of mouth akan merekomendasikan dan mengajak orang lain untuk menggunakan merek ponsel yang sama. Adapun perilaku loyal itu sendiri bisa diukur melalui pembelian ponsel Nokia yang tidak kurang dari dua kali, pengukuran kesukaan dan kepuasan terhadap merek dan keengganan menghadapi resiko kekecewaan sehingga memunculkan komitmen untuk selalu menggunakan merek ponsel yang sama. Sampel dari penelitian ini adalah rnasyarakat umum yang pernah membeli ponsel Nokia tidak kurang dari dua kali dengan teknik pengambilan sampel Incidental Sampling dan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan angket. Dari hasil uji hipotesa dengan menggunakan korelasi Product Moment didapat hasil sebesar r = 0,588 dengan p = 0,000 (p :<:: 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara Experiential Marketing dengan loyalitas konsumen yang berarti semakin konsumen merasakan pengalaman Experiential Marketing yang mengesankan, semakin meningkat pulalah loyalitasnya. Dari perhitungan statistik lebih lanjut, Experiential Marketing memberikan sumbangan peran efektif sebesar 34,5% terhadap loyalitas. Adapun 65,5% faktor lain yang kemungkinan juga mempengaruhi loyalitas antara lain, tingkat keterlibatan dan resiko, kepuasan konsumen, faktor harga, faktor demografis, afiliasi etnis, keadaan out of stock, faktor waktu, first entrants, dan sejarah penggunaan merek.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 06:27 |
Last Modified: | 15 Jan 2014 06:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7247 |
Actions (login required)
View Item |