Penerapan Activity Based Costing Dalam Analisis Profitabilitas Pelanggan di UD ST

Lius, Meliana (2000) Penerapan Activity Based Costing Dalam Analisis Profitabilitas Pelanggan di UD ST. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136551

Abstract

Memasuki era industrialisasi dunia yang semakin berkembang dengan pesat, menuntut badan usaha dapat mengelola usahanya dengan efektif dan efisien, serta harus selalu mengikuti perubahan yang teijadi dan berusaha untuk selalu mengevaluasi kinerja yang telah dicapainya. Persaingan yang semakin ketat menyebabkan setiap badan usaha berusaha untuk melayani pelanggannya dengan sebaik-baiknya dengan harapan para pelanggan dapat menjadi loyal kepada badan usaha tersebut. Tetapi sering badan usaha tidak menyadari bahwa pelayanan yang sebaik mungkin, dapat menciptakan tambahan aktivitas dan biaya, yang sebenarnya tidak diperlukan. Pelanggan dengan customer gross margin besar, belum tentu pelanggan yang menguntungkan, karena biaya aktivitas untuk melayani pelanggan bervariasi. Oleh karena itu diperlukan suatu informasi yang akurat tentang berapa besar kontribusi laba yang diberikan oleh masing-masing pelanggan, yang kemudian akan ditindak lanjuti dengan penyusunan strategi pemasaran yang berperan penting untuk mencapai tujuan badan usaha. Analisis profitabilitas pelanggan dapat membantu badan usaha untuk mengetahui pelanggan mana yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan. Customer Related Cost yang dibebankan kepada tiap pelanggan harus dikurangkan dengan Customer Gross Margin pelanggan tersebut. Agar pembebanan biaya ke pelanggan lebih akurat, digunakan metode Activity Based Costing. Metode ini akan membantu untuk membebankan biaya ke pelanggan atas dasar aktivitas yang dikonsumsi oleh masing-masing pelanggan. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mendefinisikan proses, sub proses dan aktivitas yang terlibat dalam proses melayani pelanggan. Menetapkan dasar pembebanan biaya aktivitas pada tiap pelanggan. Pembebanan biaya aktivitas pada pelanggan. Penyusunan Customer Related Cost. Penyusunan Laporan profitabilitas pelanggan. Pembuatan Decisioan Grid Analysis untuk menentukan pelanggan tersebut termasuk kategori winners, potentials, problems atau lossers. Terakhir yaitu menentukan strategi pemasaran bagi perusahaan. Hasil analisis profitabilitas pelanggan yang dilakukan terhadap UD "ST" menunjukkan pelanggan yang paling menguntungkan yaitu USA-1, USA-2, Jerman, Rusia, Australia, BAT dan yang kurang menguntungkan bahkan rugi yaitu Singapura dan BAT Kareb. Pelanggan yang tetap pada posisi winners yaitu USA-1, Rusia, USA-2 sedangkan pelanggan yang mengalami perubahan dari posisi potentials (tahun1998) menjadi winners yaitu pelanggan Jerman, pelanggan pada posisi potentials untuk tahun 1999 yaitu BAT. Pelanggan pada kategori tossers yaitu Singapura dan BAT Kareb. Dari hasil analisis profitabilitas pelanggan ini diharapkan UD "ST" dapat memperoleh informasi yang lebih akurat sehingga dapat menyusun strategi pemasaran yang baik demi tercapainya tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:16
Last Modified: 21 Jan 2014 04:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7332

Actions (login required)

View Item View Item