Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Lampu TL Chiyoda Untuk Meningkatkan Loyalitas

., Erni (2000) Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Lampu TL Chiyoda Untuk Meningkatkan Loyalitas. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136589

Abstract

Dewasa ini teknologi berkembang secara cepat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Untuk itu bertambah pula kebutuhan manusia akan produk-produk yang menunjang kebutuhannya salah satu diantaranya adalah kebutuhan sarana penerangan yaitu Iampu. Produk-produk Iampu saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dalam melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari baik dalam berbagai variasi bentuk, ukuran dan merek. Dengan banyaknya berbagai macam merek lampu menyebabkan adanya persaingan yang semakin ketat. Kondisi persaingan lampu TL yang sangat ketat ini menurut PT SAR, perusahaan harus benar-benar menerapkan suatu strategi pemasaran yang berorientasi terhadap kebutuhan konsumen. Selama ini PT SAR di dalam memasarkan produknya, perusahaan menerapkan strategi yang sama untuk lampu TL dengan anggapan konsumen lampu mempunyai kebutuhan dan selera yang relatif sama. Padahal dalam kondisi persaingan yang relatif ketat, pengetahuan mengenai loyalitas konsumen memegang peranan yang cukup vital untuk menentukan berhasil tidaknya suatu strategi pemasaran yang dijalankannya. Keadaan ini dapat mengakibatkan perusahaan menjalankan strategi bersaing yang kurang tepat baik dalam membidik pasar sasaran yang ditujunya maupun dalam usaha meluaskan pangsa pasarnya. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pembeli dan pengguna lampu TL Chiyoda yang ada di wilayah Surabaya dengan metode purposive sampling. Dari data yang terkumpul ini, dilakukan pengolahan dan analisis secara bertahap sebagai berikut : tahap pertama, ditujukan untuk mengetahui pengenalan dan pemakaian lampu Chiyoda dan berbagai macam lampu merek lainnya oleh konsumen. Tahap kedua, ditujukan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap lampu TL Chiyoda serta variabel-variabel yang perlu diperbaiki oleh perusahaan. Dari hasil pengolahan tingkat loyalitas, responden dikelompokkan menjadi 2 cluster. Kelompok pertama memiliki tingkat loyalitas kebiasaan dan berpindah-pindah. Sedangkan pada kelompok kedua memiliki tingkat loyalitas komitmen, suka, dan biaya peralihan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa kelompok satu memiliki loyalitas yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok dua. Sedangkan dari variabel Marketing Mix yang terdiri dari product, place, price dan promotion, pada kelompok pertama terdapat kesenjangan pada keempat dimensi tersebut yang bernilai negatif (kurang puas), sedangkan pada kelompok kedua, untuk variabel price memiliki kesenjangan yang bernilai positif yang berarti konsumen sudah puas. Sedangkan untuk variabel lainnya masih terdapat kesenjangan yang bemilai negatif(kurang puas). Setelah itu dirancang suatu strategi pemasaran untuk lampu TL Chiyoda yang berorientasi pada konsumen cluster 1 (tingkat loyalitas yang rendah), sehingga dengan strategi ini diharapkan lampu Chiyoda akan dapat meningkatkan loyalitas konsumen cluster 1 dengan menggunakan kuesioner perbaikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 06:02
Last Modified: 15 Apr 2014 04:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7337

Actions (login required)

View Item View Item