Studi Kelayakan Sistem Pemasaran E-Commerce

Wijaya, Atteng (2000) Studi Kelayakan Sistem Pemasaran E-Commerce. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136557

Abstract

Perkembangan internet yang begitu cepat menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan investor atau calon investor. Dan perkembangan ini telah mendorong tumbuhnya suatu bisnis baru dimana salah satunya yakni e-commerce. E-commerce merupakan transaksi elektronik dengan melalui media suatu jaringan. Namun usaha ini memerlukan investasi yang cukup besar, termasuk sumber daya manusia, teknologi maupun waktu, sebelum memetik hasilnya. Oleh karena itu, investor ataupun calon investor yang akan terjun dalam usaha ini memerlukan analisis yang cermat terlebih dahulu untuk melihat kelayakan atas pendirian usaha ini dengan memperhatikan 3 macam aspek, yaitu aspek pasar, teknis dan keuangan. Aspek pasar adalah hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran ecommerce, seperti: besar pengguna internet, besar pengguna internet yang menggunakan e-commerce, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan e-commerce, kompetitor yang terjun dalam e-commerce. Aspek teknis terdiri dari hal-hal seperti: lokasi usaha, pembuatan website, secure technology, pendaftaran mesin pencari, struktur organisasi,job description, job specification, bentuk badan usaha dan denah kantor dan gudang. Aspek keuangan terdiri dari: biaya-biaya pendirian e-commerce, perhitungan NPV, IRR, dan Payback Period dan analisis titik pu1ang pokok. Dari analisis pasar, diketahui % pengguna internet, % pengguna internet yang pernah melakukan transaksi melalui e-commerce, beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan e-commerce. Dari aspek keuangan diperoleh nilai NPV = Rp. 245.515.216,99 IRR = 69,93% dan payback period= 2,22 tahun. Dari hasil analisis titik pulang pokok diketahui bahwa konsumen minimum sehingga proyek layak dilaksanakan adalah 3,142 (tahun 2001), 3,421 (tahun 2002), 3,724 (tahun 2003), 4,071 (tahun 2004) dan 4,464 (tahun 2005) konsumen dengan rata-rata pengeluaran sebesar Rp. 562.058,-.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 07:57
Last Modified: 21 Jan 2014 07:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7348

Actions (login required)

View Item View Item