Analisis Kepuasan Pelanggan Dari Segi Quality, Cost dan Delivery Di PT. Inti Duta Lestari Plastik.

Sari, Yenny (2000) Analisis Kepuasan Pelanggan Dari Segi Quality, Cost dan Delivery Di PT. Inti Duta Lestari Plastik. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136487

Abstract

Tuntutan pelanggan semakin hari semakin tinggi, bila tuntutan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan maka pelanggan akan beralih ke perusahaan lain yang sejenis. Untuk memenangkan persaingan, maka perusahaan harus memperhatikan tiga tuntutan pelanggan yaitu berkaitan dengan product & service quality, cost dan delivery. Salah satu caranya adalah memperbaiki, meningkatkan dan mempertahankan Service Logictic yang baik. Dari kuesioner yang telah disebarkan diketahui bahwa masalah yang terbesar terletak pada product quality dan cost. Rancangan perbaikan yang diusulkan terhadap masalah-masalah tersebut di atas adalah untuk masalah cost adalah mengaplikasikan metode Activity-Based Costing untuk perhitungan biaya produk. Untuk masalah product quality yaitu menentukan % cacat terbesar dan penyebab, komposisi quality cost serta melakukan desain eksperimen. Analisis data quality yang menunjukkan % cacat terbesar terjadi pada nozzle yaitu sebesar 91 % dari masalah cacat produk yang terjadi di perusahaan, dengan faktor penyebab cacatnya adalah material, celah cavity pada mould, temperatur dan tekanan. Selain itu, proses produksi nozzle tidak terkendali secara statistik. Hasil penetapan biaya produk dengan metode ABC menyebabkan distrosi pada Asena putih adalah sebesar 1.63 %, Asena I sebesar 1.83 %, Asena II sebesar 2.59 %, Jet Spray sebesar 2.25 %, Little Misty sebesar 0.30 % dan Head Only sebesar 11.07 %. Dari analisis quality cost yang menggunakan data biaya aktivitas yang diperoleh dari metode Activity-based Costing, didapat bahwa biaya kualitas yang terjadi adalah sebesar 33.46 % dari biaya aktivitas yang ada. Dari 33.46% biaya kualitas ini, 27.44% merupakan CONC dan 6.02% merupakan COC. Perbaikan pada elemen product quality dan quality cost adalah melakukan desain eksperimen. Desain Eksperimen yang dipergunakan adalah the 2² factorial design with center points, dengan faktor waktu tahan injeksi dan lama pendinginan. Analisis hasil desain eksperimen menunjukkan bahwa level factor yang optimum terjadi pada lama pendinginan 38 detik dan waktu tahan injeksi 15 detik. Hasil analisis yang ada diharapkan dapat memberi masukan bagi pihak perusahaan untuk menentukan strategi dalam memenangkan persaingan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2014 10:03
Last Modified: 24 Jan 2014 10:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7494

Actions (login required)

View Item View Item