Johana, Tanny (2001) Perencanaan Strategi Pemasaran Di Perusahaan Kecap Hwan King Hien Cap Jeruk Pecel. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Perusahaan kecap Hwan King Hian yang memproduksi kecap manis cap Jeruk Pecel saat ini sedang mengalami penurunan jumlah penjualan. Pihak perusahaan menduga bahwa hal ini karena perusahaan tidak pemah melakukan promosi ataupun strategi pemasaran apapun terhadap produknya, selain itu dikarenakan banyaknya industri sejenis yang muncul sehingga persaingan antar industri dalam memperebutkan pangsa pasar semakin ketat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetapkan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan dalam memasarkan produknya. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa konsumen dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu konsumen pemakai (yang masih pakai) kecap manis Jeruk Pecel, konsumen pemakai (yang sudah tidak memakai) kecap manis Jeruk Pecel dan konsumen potensial (konsumen yang tidak pemah memakai kecap manis Jeruk Pecel). Dari hasil pengolahan data dengan metode Crosstab dapat diketahui latar belakang yang membedakan tiap kelompok konsumen adalah pengeluaran per bulan, kecap manis yang sering dipakai, kelebihan kecap manis yang sering dipakai, harga beli per botol, dan jumlah kecap yang dibeli dalam 3 bulan. Dari hasil pengolahan dengan metode Manova, variabel yang memiiki rata-rata berbeda adalah variabel rasanya enak/sedap, promosinya gencar, dijual hampir di semua toko dan mutu terjamin. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata status kesetiaan konsumen potensial adalah softcore dan shifting. Berdasarkan hasil wawancara perbaikan, ternyata konsumen 1 mengharapkan kecap manis yang tidak membuat bosan, tidak enak dan terlalu manis, gurih, daya simpan lama, tidak mudah berjamur, tanggal kadaluarsa jelas, agak kental, harga dibawah Rp.5000, dan tersedia dalam berbagai ukuran. Konsumen 2 mengharapkan kecap manis yang manisnya pas, gurih, tersedia dalam berbagai ukuran, tanggal kadaluarsa dan komposisi bahan lengkap, agak kental dan harga dibawah Rp.5000. Konsumen 3 mengharapkan kecap manis yang pas manisnya gurih, daya simpan lama, rasa tidak berubah, dijual di semua toko dan supermarket tanggal kadaluarsa dan komposisi bahan lengkap, kental, dikemas dengan baik dan halal. Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data yang telah dilakukan, maka strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan adalah harga kecap dibawah Rp.5000,- tersedia dalam berbagai ukuran, label merek dibuat berwarna, daya simpan cukup lama rasa manis pas, gurih, tanggal kadaluarsa jelas, komposisi bahan lengkap, kental, dikemas dengan baik, dijual di semua toko dan supermarket (mudah didapat) dan ada jaminan produk halal.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2014 07:29 |
Last Modified: | 27 Jan 2014 07:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7570 |
Actions (login required)
View Item |