Penerapan Customer Profitability Analysis sebagai alat bantu manajemen dalam mengestimasikan Kontruksi laba pelanggan guna memperbaiki usaha layanan PT X di Surabaya

Wijaya, Lilian (2003) Penerapan Customer Profitability Analysis sebagai alat bantu manajemen dalam mengestimasikan Kontruksi laba pelanggan guna memperbaiki usaha layanan PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153078

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin tajam di antara banyaknya badan usaha dan produk-produk baru yang bermunculan, membuat badan usaha harus lebih korektif lagi dalam memilih strategi pemasaran. Badan usaha harus lebih meningkatkan pelayanan dalam memperoleh atau mempertahankan pelanggan. Tambahan pelayanan pada masing-masing pelanggan tentunya menciptakan tambahan aktivitas dan biaya pula. Karena terbatasnya sumber daya yang dimiliki, maka tidak semua pelanggan dapat dilayani dengan baik oleh badan usaha. Analisis profitabilitas pelanggan merupakan salah satu laporan akuntansi yang memberikan informasi mengenai kontribusi laba dari masing-masing kelompok pelanggan. Biaya-biaya yang dibebankan pada masing-masing kelompok pelanggan dapat dialokasikan secara tepat dengan menggunakan metode Activity Based Costing yaitu membebankan biaya yang terjadi berdasarkan pada aktivitas-aktivitas yang menimbulkan biaya tersebut sehingga menghasilkan alokasi biaya yang akurat. Hasil analisis profitabilitas pelanggan yang telah dilakukan terhadap pelanggan "X" telah diperoleh informasi mengenai marjin laba dari masing kelompok pelanggan. Sedangkan "Decision Grid Analysis" menunjukan posisi dari masing-masing segmen pelanggan pada empat kategori berdasarkan pada 2 faktor yaitu marjin laba dan volume penjualan. Laporan analisis profitabilitas pelanggan menunjukan bahwa segmen pelanggan Surabaya termasuk dalam kategori winner karena memiliki marjin laba paling tinggi sebesar 8,76%. Diikuti dengan kelompok pelanggan kategori potentials yaitu Kediri 8,66%, Tulungagung 8,62% dan Malang sebesar 8,37%. Sedangkan segmen pelanggan Jember masuk dalam kategori lossers karena memberikan kontribusi negatif terhadap marjin laba badan usaha yaitu sebesar -10.65%. Dengan melihat hasil perhitungan yang diperoleh, diharapkan badan usaha mampu memperbaiki usaha layanan pelanggan guna mendukung aktivitas badan usaha itu sendiri.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 Jan 2014 06:59
Last Modified: 28 Jan 2014 06:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7622

Actions (login required)

View Item View Item