Hubungan Tujuan Program Pengajaran Dengan Prestasi Belajar

Balgies, Soffy (2000) Hubungan Tujuan Program Pengajaran Dengan Prestasi Belajar. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152075

Abstract

Bagaimana sebenarnya hubungan tujuan program pengajaran sebagai bahan kurikulum yang dipersiapkan di sekolah dengan prestasi belajar sebagai hasil belajar siswa dan apakah hubungan tersebut terjadi pada semua mata pelajaran di setiap cawu, merupakan permasalahan pembelajaran yang menjadi perhatian dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data tujuan program pengajaran adalah mengambil data Tujuan Instruksional Khusus/TIK seluruh mata pelajaran muatan nasional maupun lokal pada cawu 1 sampai cawu 6, begitu pula data prestasi belajar diambil dari nilai rapor seluruh mata pelajaran muatan nasional maupun lokal pada cawu 1 sampai cawu 6. Berdasar teori yang ada dapat diturunkan suatu hipotesis major bahwa perbedaan TIK per mata pelajaran tiap cawu menentukan prestasi belajar. Dua teknik analisis data, (1) analisis faktor digunakan untuk mengetahui perbedaan dan persamaan kecenderungan dampak prestasi be1ajar dan (2) analisis deskriptif untuk mengetahui kesesuaian TIK dengan prestasi belajar siswa kelas 3 SLTP Negeri 12 Surabaya tahun ajaran 1997-2000 (n siswa perempuan = 80, n siswa laki-laki 80). Dengan indikator prilaku (kognitif, afektif dan konatif) menurut taksonomi Bloom dan Simpson, terungkap perbedaan TIK tidak menentukan prestasi. belajar per mata pelajaran mulai cawu 1 sampai cawu 6. Disamping itu dibahas pula implikasi - implikasi melalui pendekatan sistemik, psikologis guru dan sosio-edukatif. Secara sistemik didiskusikan sejauhmana peran guru mengelola kegiatan pembelajaran di kelas (sebut : didaktis) dan sejauhmana kecermatan evaluasi taraf keberhasilan pembelajaran di sekolah (validitas, reliabilitas, obyektifitas, dan kerepresentatifan data). Berdasar psikologis guru, didiskusikan implikasi dari psikologi pengajaran guru yakni penguasaan materi, pemahaman TIK dan delivery system. Secara sosio edukatif, selain guru dan siswa, faktor lingkungan sosial dalam pendidikan formal, yakni pihak sekolah, pembuat kebijakan dan orang tua siswa juga mempengaruhi prestasi belajar.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 28 Jan 2014 08:11
Last Modified: 28 Jan 2014 08:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item View Item