., Sutanto (2001) Analisis dan Perumusan Strategi Positioning Sepatu Reebok. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pada era sekarang ini, perang pemasaran akan menjadi perang antar merek, suatu persaingan demi dominasi merek. Merek mempunyai nilai jual. Membangun merek sejak lama telah diakui sebagai salah satu kunci utama "membangun kekayaan". Sementara perluasan ragam dan jenis barang-barang konsumen selama dua dasawarsa terakhir ini, telah memicu perkembangan branding menjadi sarana definitif dalam diferensiasi kompetitif. Membangun merek yang kuat dalam bisnis produk konsumen -lazim disebut branding- merupakan salah satu tugas yang teramat monumental makna dan dampaknya. Agar tetap mampu bertahan bahkan menonjol di antara perusahaan dan produk sejenis, salah satu kiatnya masih tetap berkutat di seputar membangun dan mengembangkan citra merek yang kuat. Namun, perlu diingat pula bahwa ciri dan sifat branding dengan sendirinya harus berubah. Demikian pula dengan menanamkan image yang kadang tak berbeda sulitnya dengan membangun brand itu sendiri. Sepatu Reebok yang berada di posisi nomor dua setelah Nike berdasarkan survey eksplorasi secara bebas dengan menanyakan apa nama sepatu terunggul di posisi nomor satu dan apa yang kedua. Untuk lebih bersifat fair diberikan pertanyaan subyektif untuk melihat apa yang menjadi keunggulan sepatu olahraga menurut konsumen. Kemudian dilanjutkan dengan menyebarkan kuesioner kepada mereka yang sedang memakai Reebok atau Nike agar validitas terhadap responden lebih terjamin jawabannya. Pertanyaan diringkas dengan menanyakan derajat kepentingan (level importance) pada dimensi keunggulan yang didapatkan pada pertanyaan subyektif hasil eksplorasi dan penilaian score dengan skala 1-10 dalam membandingkan Reebok dan Nike pada dimensi keunggulan yang sama. Dari hasil keseluruban data kemudian dianalisis lebih lanjut dengan metode deskriptif dan uji statistik compare mean dengan melihat apakah ada perbedaan competitive advantage yang signifikan diantara keduanya untuk dapat dirumuskan strategi pemecahan. Fokus strategi pada peningkatan harga Reebok yang didukung dengan peningkatan value dengan menonjolkan strategi positioning yang akan berperan dalam mengejar ketinggalan image Reebok secara nyata dari Nike. Yang keseluruhan strategi tersebut digencarkan dengan strategi promosi dan sponsor dalam event-event olahraga.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 10:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2014 10:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7664 |
Actions (login required)
View Item |