Analisis Loyalitas dan Kepuasan Konsumen Terhadap Value Yang Diberikan Supermaket Superindo.

Lienardi, Wely (2000) Analisis Loyalitas dan Kepuasan Konsumen Terhadap Value Yang Diberikan Supermaket Superindo. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136429

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bidang usaha pemenuhan kebutuhan bahan pokok atau pelengkap untuk masyarakat saat ini, salah satunya adalah supermarket atau pasar swalayan menyebabkan pihak pengelola supermarket perlu mengadakan evaluasi terhadap kualitas layanan dan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk memuaskan konsumen supaya dapat membuat mereka semakin loyal. Hal ini disebabkan karena konsumen semakin selektif dalam memilih supermarket untuk berbelanja. Hal-hal diatas menjadi masukan bagi pihak manajemen supermarket Superindo yang ingin tetap bertahan dalam persaingan dengan supermarket-supermarket lainnya. Oleh karena itu akan diteliti terhadap produk, service dan value lainnya untuk mengetahui variabel apa saja yang diinginkan dan dapat memuaskan konsumen dari supermarket Superindo. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang datang berbelanja di supermarket Superindo. Hal ini bertujuan untuk mencari value apa saja yang diinginkan oleh konsumen yang didasarkan atas perhatian konsumen terhadap value (produk value, service value dan value lainnya) di supermarket Superindo, tingkat loyalitas konsumen dan karakteristik konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui alasan yang menyebabkan konsumen berbelanja di supermarket Superindo, hal-hal yang diutamakan konsumen serta latar belakang konsumen secara umum. Analisis Cluster untuk mengelompokkan konsumen yang mempunyai kesamaan sifat, dan dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokkan tersebut, analisis manova untuk mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisis selanjutnya adalah analisis ketergantungan untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan latar belakang konsumen dan terakhir adalah analisis pencarian value, untuk mencari value apa saja yang kurang memuaskan konsumen dan dilakukan strategi perbaikannya. Dari hasil analisis data konsumen dapat diketahui bahwa konsumen merasa puas terhadap value-value sebagai berikut : jumlah produk, kualitas produk, informasi produk, sikap petugas yang ramah dan sopan, pakaian seragam, lahan parkir, suasana nyaman, kesejukan ruangan, penerangan, kebersihan, lokasi supermarket, alunan musik, dan fasilitas lainnya. Sedangkan untuk value-value yang perlu ditingkatkan lagi antara lain : variasi produk, harga produk, pelayanan di kasir, sikap petugas dalam menangani konsumen dan komplain, keamanan parkir, dan dekorasi ruangan. Hasil ini menjadi masukan bagi pihak manajemen supermarket Superindo untuk meningkatkan kepuasan konsumen menjadi semakin loyal dengan memberikan value yang diharapkan konsumen agar dapat bertahan dalam persaingan dengan supermarket lainnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2014 04:01
Last Modified: 30 Jan 2014 04:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7668

Actions (login required)

View Item View Item