Analisis Brand Image dan Positioning Majalah-Majalah Remaja.

Octaviany, Go Nanik (2001) Analisis Brand Image dan Positioning Majalah-Majalah Remaja. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136427

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan manusia akan informasi dan pengetahuan menjadi semakin meningkat. Saat ini semakin banyak majalah remaja yang beredar di pasar remaja dengan beraneka ragam harga dan isi majalah. Saat ini di pasar remaja terdapat 5 (lima) jenis majalah yang memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda. Kelimanya tersebut adalah Gadis, Aneka, Anita, Kawanku, dan Hai. Dengan semakin maraknya majalah dengan harga dan isi yang menarik maka berarti semakin ketat persaingan dalam bisnis ini. Oleh karena itu, •pihak manajemen PT "X" dituntut untuk mampu menyusun kebijakan pemasaran yang tepat. PT "X" adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan majalah. Sehingga dalam persaingan bisnis yang ketat, pihak manajemen majalah dituntut untuk mampu merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Dalam memenuhi keinginan konsumen, dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik konsumen maupun hal-hal yang pokok tentang penilaian konsumen terhadap majalah-majalah remaja. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui keinginan pembaca sehingga dapat memenuhi kepuasan pembaca dengan memperbaiki strategi pemasaran yang telah ada. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang pembaca secara umum, analisis cluster untuk mengelompokkan pembaca berdasarkan brand image dan positioning. Kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui prosentase kebenaran pengelompokan dan mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisis selanjutnya adalah analisis ketergantungan yang bertujuan untuk mengetahui faktor demografi yang mempengaruhi cluster yang terbentuk. Kemudian dilakukan analisis manova yang dilakukan untuk mencari variabel yang membedakan kelompok responden yang terbentuk serta dilakukan analisis MDS yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kelemahan dari masing-masing kelompok cluster yang terbentuk. Dan selanjutnya dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi PT "X". Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa pembaca majalah remaja dikelompokkan menjadi 3 cluster. Yang mana responden cluster 3 yang menjadi target market PT "X" dengan usia 19-22 tahun, pendidikan terakhir SMU/Sederajat, kegemaran membaca majalah, mengetahui majalah yang dibacanya dari iklan promosi, pengeluaran tiap bulan untuk membeli majalah diatas Rp.20.000,- sampai Rp. 30.000,- dengan waktu terbit dua minggu sekali. Dari hasil yang didapatkan diharapkan dapat membantu PT "X" dalam menerbitkan majalah remaja dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan target marketnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2014 04:11
Last Modified: 30 Jan 2014 04:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7673

Actions (login required)

View Item View Item