Integrasi Quality Function Deployment dan balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja PT XYZ

., Lindawati (2002) Integrasi Quality Function Deployment dan balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja PT XYZ. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136188

Abstract

PT "XYZ" adalah perusahaan yang memproduksi engsel pintu dan jendela. Sebagai perusahaan yang tergolong baru berdiri, PT "XYZ" harus memikirkan strategi yang tepat agar dapat bertahan dan bersaing. Selama ini tolok ukur kinerja perusahaan hanyalah dari laporan keuangan. Persaingan yang ketat dan perkembangan perusahaan menuntut pengukuran yang lebih kompleks dan relevan untuk memenuhi kebutuhan informasi perusahaan. Karena itu diperlukan pengukuran kinerja yang mencakup aspek .financial, customer, internal business process dan learning and growth. Pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Pengukuran Balanced Scorecard berawal dari menentukan visi, misi dan strategi PT "XYZ". Strategi yang tepat sangat membantu dalam menjalankan misi dan pencapaian visi perusahaan. Strategi PT "XYZ" dirumuskan berdasarkan Strength, Weakness, Opportunity dan Threat dari PT "XYZ". Selanjutnya strategi dihubungkan dengan critical success factors dari empat perspective Balanced Scorecard. Pada financial perspective PT "XYZ" menggunakan tolok ukur Current Ratio, Sales Growth Ratio, Return on Assets, Fixed Assets Turnover, Percentage Sales from New Customer. Pada customer perspective tolok ukur yang digunakan adalah Customer Retention, Percentage of New Customer, On Time Delivery Percentage of Complaint, Price Index, Sales Return. Pada internal business process perspective menggunakan tolok ukur Supplier Lead Time, Output per Material, Percentage of Defective Units, Idle Capacity, Manufacturing Cycle Effectiveness, Number of Preventive Maintenance, HPP per KWH. Pada learning and growth perspective menggunakan tolok ukur Fmp/oyee Turnover, Rasio keluhan, Suggestion Rate, Absenteeism, Tardiness, Fmp/oyee productivity, Percentage of New Employee, Employee Training. Dari tolok ukur akan ditetapkan target dan bobot kepentingan. Penetapan target mempengaruhi kriteria penilaian dari scorecard yang akan dibuat. Selain penetapan target dan kriteria penilaian, tiap-tiap tolok ukur dan perspective akan diberikan bobot kepentingan dengan menggunakan Pairwise Comparison dari metode Analitycal Hierarchy Process. Dari hasil pengukuran rancangan Balanced Scorecard diperoleh hasil kinerja keseluruhan PT "XYZ" tahun 1999 adalah kurang baik dengan total penilaian 1,525, sedangkan kinerja tahun 2000 meningkat menjadi cukup baik dengan total penilaian 2,076. Peningkatan ini karena adanya peningkatan nilai pada financial perspective, internal business process perspective dan learning and growth perspective. Untuk customer perspective mengalami sedikit penurunan nilai pada tahun 2000. Selanjutnya dari hasil pengukuran Balanced Scorecard diketahui tolok ukur yang menyebabkan kinerja PT "XYZ" lemah dan perlu diperbaiki berdasarkan prioritas perbaikan. Yang mendapat prioritas perbaikan utama adalah on time delivery. Untuk itu perlu ditentukan inisiatif perbaikannya. Dalam menentukan inisiatif perbaikan yang paling berpengaruh pada tolok ukur-tolok ukur itu digunakan metode Quality Function Deployment dengan membuat matriks House of Quality yaitu matriks inisiatif. Untuk mengetahui departemen mana saja yang terkait dengan inisiatif perbaikan dibuat matriks departemen. Dari matriks itu diketahui departemen yang paling berpengaruh bagi pelaksanaan inisiatif perbaikan adalah departemen produksi dan pabrik. Kemudian dibuat matriks action plan yang berisikan action plan dari inisiatif perbaikan sesuai dengan departemen yang terkait. Pada matriks ini juga diinformasikan apakah action plan-action plan tersebut sudah direalisasikan oleh perusahaan atau belum.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:24
Last Modified: 03 Feb 2014 04:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7685

Actions (login required)

View Item View Item