Analisis Kepuasan Konsumen Akhir Kopi Bubuk Cap Elang Mas Di UD. Sinar Abadi

Sutedjo, Yulianto (2002) Analisis Kepuasan Konsumen Akhir Kopi Bubuk Cap Elang Mas Di UD. Sinar Abadi. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136149

Abstract

Industri pengolahan kopi memiliki potensi yang besar untuk dapat dikembangkan karena bahan baku yang tersedia cukup melimpah dan pasar yang ada juga sangat terbuka. Sampai saat ini minuman kopi sangat digemari dan memiliki akar yang sangat kuat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan yang sangat fanatik menjadikan minuman ini sebagai minuman yang tidak dapat ditinggalkan. Gaya hidup inilah yang diperkirakan masih potensial untuk terus dikembangkan. Persaingan berarti kemajuan, pertumbuhan, dan kualitas. Karena hanya perusahaan yang berkualitas, mempunyai visi yang maju, serta senantiasa mendorong pertumbuhannya saja yang akan selamat dalam persaingan. Salah satu wujud dari tiga hal diatas adalah strategi pemasaran dalam lingkup service logistic yang mengacu pada konsumen akhir. Untuk merumuskan strategi pemasaran dalam lingkup service logistic perlu diketahui latar belakang konsumen akhir produk kopi bubuk cap Elang Mas, serta pikiran yang ada dibenak mereka Service Quality sebagai salah satu alat untuk mengetahui kualitas jasa dapat pula digunakan sebagai alat untuk merumuskan suatu strategi pemasaran dalam lingkup service logistic, karena didalamnya termuat harapan ( ekspektasi), dan persepsi pengguna produk/jasa. Selain itu bila didukung dengan konsep keilmuan yang tepat, tentu akan mempertajam strategi tersebut. Hal tersebut yang melandasi digunakannya ilmu Logistic dalam tugas akhir ini sebagai penelusuran, pendefinisian, dan penyelesaian atas permasalahan yang terjadi. UD. Sinar Abadi ingin mengetahui sejauh mana kepuasan konsumen akhirnya saat ini dan bagaimana prospek pengembangan produknya di masa yang akan datang, yaitu tentang kemungkinan pengadaan ekspansi berikut jenis ekspansinya, jika dikaitkan dengan kepuasan konsumen akhir saat ini. Dengan demikian, dibutuhkan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya kesesuaian antara tingkat ekspektasi dan persepsi konsumen akhir terhadap UD. Sinar Abadi dan prospek pengembangan produk di masa yang akan datang yang sesuai dengan harapan konsumen akhir. Dalam penelitian untuk menganalisis tingkat kesesuaian antara ekspektasi dan persepsi konsumen akhir, digunakan kuesioner tahap I yang diolah dengan metode servqual. Selanjutnya, untuk mengetahui variabel mana yang menjadi permasalahan dalam gap, digunakan metode analisis kuadran. Hasil analisis kuadran digunakan untuk mengetahui variabel mana yang membutuhkan perbaikan dan ekspansi, sedangkan untuk mengetahui prospek pengembangan produk dikaitkan dengan ekspansi yang sesuai dengan harapan konsumen akhir digunakan kuesioner tahap II. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa masih terdapat gap antara keseluruhan variabel ekspektasi dan persepsi konsumen akhir, sehingga konsumen akhir masih belum puas. Penyebab ketidakpuasan yang utama adalah kopi bubuk cap Elang Mas masih kurang bersih dan kurang tersedia di tempat pembelian, sehingga dibutuhkan adanya ekspansi. Bentuk ekspansi yang paling diinginkan konsumen akhir adalah penambahanjenis bentuk kopi bubuk yaitu dalam bentuk sachet.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Feb 2014 04:31
Last Modified: 04 Feb 2014 04:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7695

Actions (login required)

View Item View Item