Pembuatan Aplikasi Multimedia Tae Geuk Taekwondo

Bakri, Paulus (2006) Pembuatan Aplikasi Multimedia Tae Geuk Taekwondo. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137142

Abstract

Taekwondo sekarang banyak dikenal luas oleh masyarakat dunia termasuk Indonesia yang semuanya merupakan hasil perjalanan yang panjang dari suatu seni beladiri. Di Indonesia banyak orang belajar taekwondo dari kecil bahkan saring melihat anak-anak yang sudah mempunyai sabuk yang tinggi ini mencerminkan banyaknya peminat taekwondo sebagai bekal untuk mempertahankan diri juga sebagai cermin kedispinan dalam berkelakuan sehari-hari. Jam latihan di Indonesia pada umumnya memakan waktu dua jam dan pada umunya dua minggu sekali, dalam dua jam itu ada pemanasan yang memakan waktu kira-kira setengah jam, latihan tendangan dasar tiga puluh lima menit, dan yang sisanya digunakan untuk latihan counter, bertanding atau Tae Geuk. Dalam belajar Tae Geuk kita sering mengalami masalah dalam banyaknya waktu latihan Tae Geuk karena Tae Geuk mempunyai gerakan yang banyak dan harus berurutan dan tidak boleh salah. Salah satu penyelesaian yang dapat dicoba untuk mengatasi permasalahan ini adalah memanfaatkan komputer yaitu dengan adanya aplikasi untuk memperagakan Tae Geuk sehingga murid dapat membantu mengingat Tae Geuk yang telah di ajarkan oleh pelatih dengan bantuan beberapa alternatif kamera sehingga dapat melihat dari sisi yang lain. Aplikasi ini dirancang dalam bentuk animasi Tae Geuk yang tersedia sampai delapan tingkatan dengan desain yang menarik dan alternatif kamera agar pemakai mengetahui dari sudut pandang yang lain. Aplikasi ini juga mengikut sertakan tendangan dasar dan teknik-teknik counter yang dapat dipelajari dan diingat. Uji coba dilakukan dengan dua tahap yaitu verifikasi dan validasi. Pada tahap verifikasi, hasil dari implementasi akan dicoba mengulang-ulang keluar masuk menu dan dijalankan untuk membuktikan tidak ada kesalahan lagi. Sedangkan pada tahap validasi, hasil dari implementasi dicobakan kepada beberapa pemakai untuk memastikan hasil implementasi sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan hasil uji coba maka diketahui bahwa aplikasi multimedia ini dapat membantu dalam mengingat Tae Geuk.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2014 06:18
Last Modified: 04 Feb 2014 06:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7697

Actions (login required)

View Item View Item