Implementasi ISO 9001 : 2000 di Biro Administrasi Keuangan Universitas Surabaya

Susanto, Eddy (2002) Implementasi ISO 9001 : 2000 di Biro Administrasi Keuangan Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136096

Abstract

Universitas Surabaya sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang cukup terkemuka di Indonesia, dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pelanggan. Salah satu jalan yang dapat ditempuh dengan Jalan menerapkan sistem manajemen yang sesuai dengan standar mutu yang diakui secara global dan terdapat menyeluruh pada setiap bagian organisasinya. Salah satu standar yang dinilai mampu memenuhi tuntutan itu dan dapat diakui secara global adalah dengan sistem ISO 9001:2000. Sistem manajemen mutu ini sedang berusaha untuk diterapkan di Biro Administrasi Keuangan, yang merupakan salah satu biro yang memegang peranan cukup penting di Universitas Surabaya. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah Identifikasi masalah Penetapan tujuan; Studi Pustaka; Pengumpulan data yang terdiri dari : scanning dan pengumpulan data pendukung; Pengolahan dan analisis data yang terdiri dari : hasil scanning, desain dan dokumentasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, lmplementasi ISO 9001:2000, Pengukuran manfaat, hambatan dan saran perbaikan, serta Analisis hasil implementasi dan rencana tindak lanjut; Kesimpulan dan saran. Berdasarkan pada hasil scanning yang telah dilakukan, persentase kesesuaian praktek-praktek sistem manajemen mutu di Biro Administrasi Keuangan adalah 46.2 0% Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa praktek-praktek sistem manajemen mutu di Biro Administrasi Keuangan masih dibawah standar persyaratan yang ditetapkan oleh ISO 9001: 2000. Desain yang dibuat merupakan adopsi model pendekatan proses dari ISO 9001: 2000 yang telah disesuaikan dengan kondisi yang ada di Biro Administrasi Keungan. Selanjutnya dibuat mapping proses baik yang umum maupun detail untuk menggambarkan urutan dan interaksi antar proses yang ada. Pada dokumentasi dilakukan peninjauan prosedur dan rekaman yang dipersyaratkan, prosedur yang belum ada telah dibuat untuk melengkapi persyaratan. lmplementasi dilakukan dengan mengukur prosedur yang ada dan semua prosedur yang dipersyaratkan dengan yang dilakukan Biro Administrasi Keuangan. Pengukuran manfaat, hambatan dan saran perbaikan dilakukan untuk meninjau kesesuaian penerapan sistem manajemen mutu ini dengan kondisi Biro Administrasi Keuangan. Hasilnya penerapan sistem manejemen mutu ini belum sesuai karena sistem komukasi yang ada tidak berjalan dengan baik. Dari tahap analisis hasil implementasi ini diperoleh hasil : kinerja produk layanan, hasil perbandingan prosedur yang dipersyaratkan, komplain yang diterima dan tanggapan Biro Administrasi Keuangan terhadap komplain tersebut. Pada tahap rencana tindak lanjut, dibuat rencana untuk perbaikan yang harus dilakukan oleh tiap level manajemen yang ada, mulai dari kepala biro, kabag sampai dengan staff terkait.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 07 Feb 2014 03:28
Last Modified: 07 Feb 2014 03:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7758

Actions (login required)

View Item View Item