Perencanaan Strategi Pemasaran Koran Mandarin Pada Harian Naga Surya Berdasarkan Customer Value.

Soputra, Fonny (2001) Perencanaan Strategi Pemasaran Koran Mandarin Pada Harian Naga Surya Berdasarkan Customer Value. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136413

Abstract

Saat ini dengan kebebasan pers dan kemajuan teknologi, arus informasi yang beredar semakin deras. Selain itu akibat krisis moneter yang berkepanjangan menyebabkan daya beli masyarakat menjadi rendah. Sehingga dalam membeli suatu produk, konsumen cenderung untuk memilih tawaran yang memberikan nilai paling tinggi bagi mereka. Oleh sebab itu diteliti Iebih Ianjut mengenai value apa yang diinginkan oleh calon pembeli baru yang membuat mereka bersedia membeli koran Harian Naga Surya. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara awal untuk mendapatkan bahan masukan dalam penyusunan kuesioner. Kemudian kuesioner ini disebarkan untuk mengetahui hal-hal yang diutamakan oleh calon pembeli baru dalam membeli koran Harlan Naga Surya dan penilaian mereka terhadap koran tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis cluster dengan menggunakan metode K Means Cluster untuk mengelompokkan calon pembeli baru berdasarkan tingkat kesediaan membeli koran Harlan Naga Surya jika dilakukan perbaikan, analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang calon pembeli baru secara umum, serta analisis terhadap priority dan perceive untuk mencari value yang diinginkan dan untuk mengetahui penilaian terhadap koran Harlan Naga Surya. Calon pembeli baru koran Harian Naga Surya terbagi dalam tiga kelompok, kelompok I adalah kelompok yang tidak bersedia membeli, kelompok 2 adalah kelompok yang bersedia membeli dan kelompok 3 adalah kelompok yang ragu-ragu. Karena kelompok I tidak bersedia membeli dan karena jumlah kelompok I sangat kecil maka dalam pembahasan tugas akhir ini hanya dibahas kelompok 2 dan 3 saja. Koran Harian Naga Surya yang mengunggulkan berita yang aktual dan banyaknya berita tentang China ternyata memang merupakan value yang diinginkan dan teiah mendapat penilaian yang cukup tinggi dari calon pembeli baru bahkan kelompok ragu-ragu mengatakan berita tentang China pada koran ini sudah terlalu banyak. Selain berita tentang China, value lain yang diinginkan adalah judul berita yang menarik, berita yang menarik, berita yang aktual, berita yang banyak, banyak memuat berita tentang Indonesia, bahasa yang baik, tidak ada salah pengetikan, harga yang terjangkau, dan mudah didapat. Menurut penilaian calon pembeli baru, value yang perlu diperbaiki adalah bahasa, pengetikan, harga, dan kemudahan mendapatkan koran. Agar dapat meningkatkan volume penjualan maka strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan baik terhadap kelompok yang bersedia membeli maupun terhadap kelompok yang ragu-ragu adalah dengan melakukan pemeriksaan bersama antara pengedit I dan penerjemah, dengan memberikan nilai tambah pada koran tersebut berupa informasi mengenai peluang bisnis di China dan dengan menyebarkan koran Harian Naga Surya pada tempat-tempat dimana segmen target berkumpul.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2014 04:36
Last Modified: 07 Feb 2014 04:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7763

Actions (login required)

View Item View Item