Putera, Andrew Ronny (2001) Analisis Perbedaan Respon Pengaruh Musik pada Konsumen Pria dan Wanita di Pasaraya Swalayan Mitra I Malang. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Suasana toko dapat dimanipulasi dengan menggunakan musik. Musik yang tepat dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi konsumen dan sebaliknya musik yang tidak sesuai dengan selera konsumen akan membuat ketidaknyamanan pada diri konsumen. Dari hasil survei awal yang dilakukan, diketahui bahwa musik merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi kenyamanan konsumen di tempat belanja. Hasil dari survei ini digunakan sebagai landasan untuk menyelesaikan tujuan penelitian yaitu membuktikan bahwa konsumen wanita memiliki respon yang lebih peka terhadap pengaruh musik di tempat belanja dibandingkan konsumen pria, serta bagaimana pengaruh musik di tempat belanja terhadap perilaku konsumen , dan selanjutnya melihat hubungan antara musik di tempat belanja dengan kebetahan dan volume belanja. Survei dilakukan di Pasaraya & Swalayan Mitra I Malang dengan cara menyebarkan angket kuisioner kepada konsumen yang sedang berbelanja. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Judgement Sampling. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dan dilakukan analisis secara deskriptif dan statistik. Uji statistik yang digunakan adalah Compare Mean dengan level signifikansi 5% untuk melihat apakah rata-rata respon konsumen wanita terhadap pengaruh musik di tempat belanja secara signifikan lebih besar dibandingkan rata-rata respon konsumen pria terhadap pengaruh musik di tempat belanja. Uji yang sama dilakukan untuk melihat hubungan antara musik di tempat belanja dengan kebetahan dan volume belanja konsumen. Sedangkan untuk melihat perbedaan perilaku konsumen pria dan wanita terhadap pengaruh musik di tempat belanja dilakukan pengolahan dengan bantuan program SPSS dan Ms. Excel kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari uji statistik yang dilakukan diketahui bahwa rata-rata respon konsumen wanita secara signifikan lebih besar dibandingkan rata-rata respon konsumen pria, sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen wanita lebih peka terhadap pengaruh musik di tempat belanja dibandingkan konsumen pria. Sedangkan pengujian untuk melihat hubungan antara musik di tempat belanja dengan kebetahan dan volume belanja diketahui bahwa dengan menggunakan musik Instrumental membuat konsumen menjadi lebih betah dan volume belanja lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan musik pop tempo cepat.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 04:00 |
Last Modified: | 11 Feb 2014 04:00 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7793 |
Actions (login required)
View Item |