Analisis Perilaku Konsumen Dalam Menentukan Strategi Pemasaran di Agen Eskrim Eskimo

Woe, Hansen (2001) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Menentukan Strategi Pemasaran di Agen Eskrim Eskimo. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136306

Abstract

Persaingan yang makin ketat pada saat ini menuntut pengusaha benar-benar mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen mereka atau pengusaha lain akan merebut peluang tersebut. Pengusaha harus berpacu dan bergerak searah dengan keinginan konsumen. Untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen guna memuaskan konsumen perlu dilakukan analisa perilaku konsumen dengan harapan pengusaha dapat memperoleh masukan untuk melihat peluang dimana kebutuhan dan keinginan konsumen yang belum terpenuhi oleh pengusaha itu. Pada penelitian ini, sampel yang diambil adalah dari konsumen yang pernah mengkonsumsi eskrim Eskimo dan konsumen potensial yang belum pernah mengkonsumsi es krim Eskimo. Sampel dari konsumen yang pernah mengkonsumsi eskrim Eskimo diambil di salah satu agen eskrim Eskimo, sedangkan sampel dari konsumen potensial yang belum pernah mengkonsumsi eskrim Eskimo diambil disekitar lingkungan Universitas Surabaya. Hasil yang diperoleh adalah bahwa responden akan dibagi menjadi dua cluster, dimana cluster yang pertama adalah konsumen yang pernah mengkonsumsi eskrim Eskimo dan cluster yang kedua adalah konsumen potensial yang belum pernah mengkonsumsi eskrim Eskimo. Cluster yang kedua kemudian dikelompokkan lagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok yang pertama adalah kelompok yang sering membeli eskrim dan kelompok yang kedua adalah kelompok yang jarang membeli eskrim. Masing-masing kelompok yang terbentuk itu memiliki perilaku yang berbeda sehingga perlu ditetapkan strategi yang berbeda untuk tiap kelompok. Sehingga dengan menetapkan strategi dari hasil analisis yang ada, diharapkan pengusaha eskrim Eskimo akan dapat mempertahankan konsumen yang telah ada dan merebut pasar yang lebih luas. Adapun beberapa strategi pemasaran yang diusulkan untuk konsumen pemakai adalah memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman produk sampai ke tempat tujuan, memberikan kartu ucapan selamat secara cuma-cuma kepada konsumen misalnya kartu ucapan selamat natal, ulang tahun, dan tahun baru. Sedangkan strategi pemasaran yang diusulkan untuk konsumen potensial adalah menyebarkan selebaran-selebaran akan Iebih banyak orang mengetahui keberadaan agen eskrim Eskimo di jalan Dharmahusada. Diharapkan semakin banyak orang yang akan menjadi konsumen di agen eskrim tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2014 09:59
Last Modified: 12 Feb 2014 09:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item View Item