., Raymond (2001) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Rakitan Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Ray Comp. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Seperti yang kita ketahui komputer pada saat ini telah merakyat, dengan arti bahwa setiap orang mengerti dan memakai komputer terutama mendekati era globalisasi tahun 2003. Ray Comp. ingin memanfaatkan moment ini sehingga berusaha sebaik mungkin untuk merebut pasar komputer termasuk dengan mengadakan penelitian ini. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membentuk dan mernpengaruhi perilaku konsumen saat hendak membeli komputer berdasarkan faktor demografi dan gaya hidup, sehingga bisa didapatkan segmentasi konsumen yang ada berdasarkan konsep gaya hidup dan tingkat ekpektasi (harapan) konsumen yang pada akhirnya nanti akan menghasilkan tujuan utama yakni adanya suatu strategi pemasaran yang diharapkan mampu menambah pemdapatan (profit) dari Ray Comp. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengedarkan kuesioner yang berisi 4 bagian yakni: variabel demografi, faktor-faktor yang membentuk perilaku konsumen komputer rakitan variabel Psikografi, dan berdasarkan tingkat ekspektasi (harapan) untuk menentukan strategi pemasaran mix marketingnya. Penelitian ini memakai purposive sampling dimana responden dipilih berdasarkan syarat-syarat tertentu. Sebelum melakukan sampling, kuesioner diedarkan ke 30 responden untuk mengadakan pre - sampling agar bisa diketahui bagian mana saja yang perlu perbaikan, setelah itu baru melakukan sampling dengan mengedarkan kuesioner pada 150 responden. Sampling dilakukan mulai awal bulan Juli sampai pertengahan bulan Agustus, setelah kuesioner diedarkan baru mulai dilalokasikan pengolahan data dengan memakai bantuan software statistik SPSS for Windows ver.10 yakni antara lain pengolahan data dengan analisis deskriptif, analisis kelompok, analisis Cross tabs, dan analisis Manwa. Setelah dilahirkan pengolahan data, kemudian dilahirkan analisis terhadap hasil pengolahan data tersebut sehingga didapatkan bahwa konsumen komputer rakitan kebanyakan berprofesi sebagai mahasiswa atau karyawan swasta yang dapat dibagi dalam 3 kelompok gaya hidup yakni kelompok Socialite, Affluent, dan Achiever. Ketiga kelompok ini dipilih karena sudah mewakili lebih dari 75 % kelompok gaya hidup konsumen yang ada kemudian dibuat strategi pemasaran untuk ketiga segmen dengan memperhatikan tingkat ekspektasi konsumen, yakni dengan membuat spesifikasi produk yang cocok untuk-ketiga segmen promosi yang dilakukan dengan membuat pameran-pameran maupun memasang iklan di tempat-tempat stategis seperti di kampus-kampus maupun di majalah-majalah komputer, dan melengkapi koleksi jenis dan aksesoris dan Ray Comp. serta meningkatkan pelayanan dengan memberikan service yang baik dan harga yang bersaing sehingga pada akhirnya Ray Comp. mampu bersaing dengan perusahaan komputer yang lain dengan meningkatkan angka penjualan dan tingkat profitabilitas Ray Comp.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 06:35 |
Last Modified: | 17 Feb 2014 06:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7870 |
Actions (login required)
View Item |