Pembuatan Perangkat Lunak CAL (Computer Aided Learning) Aljabar Modulo

Gunawan, Rony (2005) Pembuatan Perangkat Lunak CAL (Computer Aided Learning) Aljabar Modulo. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137389

Abstract

Aljabar modulo adalah salah satu materi pada mata kuliah matematika terapan yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika. Materi ini membahas tentang teori bilangan, konsep kongruen dan teorema-teorema yang berkaitan dengan aplikasi kriptografi seperti fast exponentation, invers modulo, CD (Common Division) & GCD (Great Common Division), CM (Common Multiple) & LCM (Least Common Multiple), relatif prima, euler totient function, teorema eluer & fermat. Metode pembelajaran materi yang dipakai selama ini kurang membantu mahasiswa untuk memahami materi dengan baik. Hasil kuisioner yang telah disebarkan kepada 30 mahasiswa, diperoleh bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam beberapa sub materi. Buku acuan yang ada belum cukup membantu karena sebagian besar dalam bahasa inggris. Contoh dan latihan soal yang diberikan jumlahnya terbatas. Hasil wawancara dengan dosen pengajar menunjukkan bahwa dosen mengalami kesulitan dalam membahas operasi perhitungan untuk bilangan yang cukup besar karena membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan hasil survei dan wawancara inilah, dirancang suatu aplikasi pembelajaran yaitu CAL aljabar modulo dan terapannya. CAL adalah salah satu alternatif pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa untuk memahami materi aljabar modulo dan membantu dosen untuk penyampaian materi dengan lebih baik. CAL memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan berlatih secara mandiri. Penyampaian materi aljabar modulo ini akan dibagi menjadi unit-unit kecil dan disajikan secara bertahap dalam bentuk modul, dalam setiap modul akan membahas sub materi dan dilengkapi dengan contoh soal, latihan soal dan tes evaluasi. Pada bagian awal CAL disediakan tes awal (prerequiste test) yaitu tes tentang aljabar dasar. Hal ini bertujuan agar pemakai yang ingin mempelajari materi dalam CAL ini setidaknya telah memahami sedikit tentang dasar-dasar materi yang akan dipelajari tersebut. Setiap submenu materi akan menjelaskan teori dan menyediakan contoh, latihan dan tes evaluasi. Pemakai yang dapat mengerjakan tes dan mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar yang diberikan dapat melanjutkan ke materi berikutnya. Adapun perubahan data yang dapat dilakukan oleh administrator antara lain, perubahan soal latihan pilihan ganda, esai dan soal evaluasi. Adapun fasilitas-fasilitas yang ditambahkan pada CAL ini seperti animasi contoh soal yaitu, animasi yang menjelaskan langkah-langkah perhitungan untuk menyelesaikan suatu soal. Untuk menghitung dengan bilangan yang diinginkan, pemakai dapat menggunakan fasilitas simulasi, fasilitas ini akan menunjukkan langkah-langkah pengerjaan soal dengan menggunakan bilangan yang dimasukkan oleh pemakai. Fasilitas yang ada diharapkan memberi nilai tambah pada proses pembelajaran materi ini. Kemungkinan pengembangan CAL ini kedepan masih terbuka mengingat semakin berkembangnya metode-metode untuk belajar. Apabila dibutuhkan, CAL dapat dikembangkan dalam bentuk aplikasi pembelajaran berbasis web.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Feb 2014 07:49
Last Modified: 20 Feb 2014 07:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7951

Actions (login required)

View Item View Item