Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Baca Tulis Huruf Hijaiyyah Untuk Pemula

Tadjoedin, Ronny Octaviano (2005) Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Baca Tulis Huruf Hijaiyyah Untuk Pemula. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137425

Abstract

Topik tugas akhir ini adalah Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran baca tulis huruf Hijaiyyah untuk pemula. Bisa membaca dan menulis huruf Hijaiyyah merupakan kewajiban bagi umat Islam, sebab merupakan modal dasar untuk bisa membaca Al-Qur'an dan mengerti Bahasa Arab. Agar bisa membaca dan menulis huruf Hijaiyyah, anak didik dan masyarakat pemula harus mempelajari materi berupa tahapan pembelajaran yang bisa di dapat di sekolah. Peralatan pendukung seperti alat peraga berupa gambar dalam pembelajarannya seringkali tidak lengkap. Pengajar mempunyai waktu yang terbatas dan tidak dapat memberikan perhatian yang cukup pada masing-masing anak didik. Daya tangkap tiap anak didik berbeda-beda dalam menangkap materi yang diajarkan. Masyarakat yang pernah belajar tetapi belum lancar dan masyarakat pemula yang sudah dewasa serta tua seringkali merasa malu untuk belajar dan bertanya. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membantu pengajar dalam proses pembelajaran baca tulis huruf Hijaiyyah, membantu anak didik dan masyarakat untuk bisa berlatih dan belajar mandiri di rumah dengan menggunakan komputer yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bagi pemula yang belum lancar, dapat mempelajarinya di rumah sesuai dengan menu pengenalan yang belum ia mengerti secara mandiri tanpa orang lain perlu tahu. Aplikasi dibuat dengan bantuan beberapa media seperti gambar, animasi, suara, teks dan video. Untuk media suara dan video diisi oleh guru agama yang mengajar pelajaran Bahasa Arab. Menu yang ditampilkan dalam aplikasi ini berupa pengenalan huruf bentuk dasar, pengenalan huruf bentuk bersambung, pengenalan huruf dengan tanda baca fathah, kasroh, dhomah dan tanwin, latihan membaca huruf Hijaiyyah dengan menggunakan acuan dari buku Al-Barqy, tes evaluasi bentuk bersambung dan tes evaluasi penulisan huruf Hijaiyyah bentuk dasar dan pengamatan perubaban huruf Hijaiyyah bentuk bersambung. Hasil uji coba dan evaluasi yang telah dilakukan menghasilkan hasil yang memuaskan, karena pemakai aplikasi baik pemula maupun tidak, dapat merasakan manfaat dari adanya aplikasi ini dalam proses pembelajaran baca tulis huruf Hijaiyyah. Pengajar berpendapat bahwa materi untuk pengenalan, latihan dan tes evaluasinya yang terdapat pada aplikasi ini sudah sesuai dengan materi yang biasa diberikan dalam proses pembelajarannya di sekolah. Dengan kata lain aplikasi ini dapat membantu pengajar dalam proses pembelajaran huruf Hijaiyyah di sekolah ataupun dimanfaatkan pemakai di rumah sebagai sarana untuk berlatih dan belajar mandiri. Jadi tujuan dari tugas akhir ini sudah terpenuhi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Feb 2014 02:47
Last Modified: 21 Feb 2014 02:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item