Hubungan antara Tingkat Resiko yang Diterima dengan Intensi Pembelian Cabe Jamu (Red Pepper Frectum) di Internet

Amalia, Rizky (2003) Hubungan antara Tingkat Resiko yang Diterima dengan Intensi Pembelian Cabe Jamu (Red Pepper Frectum) di Internet. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148815

Abstract

Sebelum melakukan proses keputusan pembelian di internet, para konsumen berusaha mencari informasi. Ketika konsumen merasakan adanya resiko yang tinggi terhadap pembelian tersebut, maka konsumen akan melakukan pencarian informasi yang banyak dan evaluasi yang hati-hati (Sutisna, 1997). Ketika melakukan evaluasi alternatif produk di internet inilah timbul suatu persepsi konsumen terhadap suatu produk, terutama persepsi terhadap resiko pembelian yang diterima ketika akan membeli barang-barang di internet. Begitu pula dengan pembelian produk cabe jamu di internet. Dari data yang dihimpun peneliti mengenai penjualan melalui internet, terlihat bahwa jumlah konsumen yang melakukan pembelian cabe jamu tidak banyak meningkat. Salah satu sebab yang membuat stagnannya jumlah konsumen adalah pandangan negatif masyarakat tentang resiko yang diterima jika bertransaksi lewat internet. Menurut Schiffman (1997) resiko pembelian ada beberapa macam yaitu (1) Functional Risk, (2) Physical Risk, (3)Financial Risk, (4) Social Risk, (5) Psychological Risk, dan ( 6) Time Risk. Populasi dari penelitian ini adalah para konsumen cabe jamu yang menggunakan internet. Sampel diambil dengan teknik incidental sampling, dimana peneliti akan mengambil sampel diambil dari orang-orang yang ditemui yang mempunyai intensitas tinggi dalam melakukan pembelian jamu di internet. Hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara variabel tingkat resiko yang diterima dengan intensi pembelian pada produk cabe jamu di internet dapat diterima, dengan nilai r sebesar -0,665 dan p < 0,0 I. Hubungan ini menunjukkan nilai negatif (r = -0,665), yang artinya bahwa semakin tinggi tingkat resiko yang diterima maka semakin rendah intensi pembelian yang dilakukan terhadap produk cabe jamu di internet. Begitu pula sebaliknya semakin rendah tingkat resiko yang diterima oleh seseorang dalam melakukan pembelian produk cabe jamu akan mempertinggi intensi pembelian seseorang. Sumbangan variabel tingkat resiko yang diterima adalah sebesar 44,42%. Variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi intensi pembelian adalah 55,78% lainnya berkaitan dengan variabel lain, seperti halnya pengaruh lingkungan, perbedaan individu, dan proses psikologis.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 24 Feb 2014 06:50
Last Modified: 24 Feb 2014 06:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8069

Actions (login required)

View Item View Item