Wijaya, L. Franky (2004) Perbedaan Kepuasan Konsumen Rumah Makan Antara Pelajar dan Karyawan. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor penting bagi keberlangsungan suatu rumah makan. Agar rumah makan tetap eksis, rumah makan harus mampu memuaskan konsumennya. Konsep kepuasan konsumen juga menjadi prioritas utama yang diterapkan di rumah makan Tambak Bayan Jl Monginsidi Sidoarjo. Yang menjadi permasalahan utama adalah pangsa pasar yang luas yang membuat pihak rumah makan Tambak Bayan Sidoarjo ini melakukan segmentasi berdasarkan demografis yaitu antara pelajar dan karyawan, agar dapat meningkatkan keuntungan dari pihak rumah makan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba melihat apakah ada perbedaan kepuasan konsumen antara pelajar dan karyawan di rumah makan Tambak Bayan Sidoarjo, serta apakah ada perbedaan urutan aspek kepuasan konsumen diantara pelajar dan karyawan. Variabel tergantung yang diukur dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen. Variabel kepuasan konsumen diukur dengan menggunakan alat penelitian berupa angket penelitian, yang disusun berdasarkan skala Likert (Method of Summated Ratings). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t dengan menggunakan program SPSS versi 11.0, dan korelasi rho Spearman untuk melihat urutan aspek antara dua kelompok nilai. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan kepuasan konsumen yang sangat signifikan antara konsumen pelajar dan karyawan di rumah makan Tambak Bayan Sidoarjo (p = 0.001 < 0.005), dan ada perbedaan urutan aspek kepuasan konsumen antara pelajar dan karyawan (r = 0,31 < 0,643), urutan tiga tertinggi pelajar ada1ah aspek product quality, complaint holding, value-price, dan untuk karyawan adalah aspek complaint holding delivery, range of product. Hal ini mengindikasikan bahwa antara pelajar dan karyawan memiliki taraf kepuasan yang berbeda dalam mengevaluasi rumah makan Tambak Bayan Sidomjo dengan rata-rata skor kepuasan konsumen pelajar sebesar 54.9697 dan rata-rata skor kepuasan konsumen karyawan sebesar 66.8788. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah pihak rumah makan Tambak Bayan Sidoarjo perlu melakukan segmentasi pasar, meningkatkan kualitas mutu, pelayanan, serta fasilitas fisik, menambah variasi menu, serta melatih karyawan dalam berkomunikasi dan merubah sikap pelayan terhadap konsumen menjadi lebih baik.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 24 Feb 2014 09:21 |
Last Modified: | 24 Feb 2014 09:21 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8075 |
Actions (login required)
View Item |