Pembuatan Game Multi Player Bomberman

Sutanto, Eddy (2005) Pembuatan Game Multi Player Bomberman. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137421

Abstract

Permainan game multi player pada komputer telah berkembang demikian pesat. Fenomena ini dapat terlihat pada menjamurnya tempat penyedia jasa layanan game multi player di Indonesia. Contoh tempat penyedia jasa tersebut adalah Block Buster yang menawarkan banyak pilihan game multi player. Game multi player yang ditawarkan adalah Counter Strike, Ragnarok dan masih banyak pilihan lainnya. Pesatnya perkembangan game multi player tidak diimbangi dengan perkembangan game tersebut di Indonesia. Sampai tugas akhir ini dibuat sangat sulit untuk menjumpai game multi player buatan dari Indonesia. Bahkan buku-buku referensi mengenai pembuatan game multi player juga sulit dijumpai di Indonesia. Hal ini menyebabkan perkembangan game multi player buatan Indonesia mengalami perkembangan yang stagnan. Untuk dapat memainkan game multi player dibutuhkan koneksi jaringan. Untuk koneksi jaringan via internet, tingginya biaya yang diterapkan PT Telkom Tbk sangat tinggi dan menyebabkan mahalnya biaya untuk memainkan game tersebut. Dengan koneksi jaringan via internet cable, mengalami proses yang tersendat-sendat karena terbatasnya bandwidth. Berdasarkan perkembangan tersebut, sebuah alternatif untuk memainkan game multi player dengan biaya murah dan proses yang tidak tersendat-sendat adalah koneksi jaringan via lokal (LAN). Permainan game Bomberman identik dengan permainan single player bertipe puzzle. Game tersebut cukup banyak dimainkan oleh penggemar game. Masalah utama yang dihadapi oleh game tersebut adalah tidak mendukung multi player. Tujuan yang ingin dicapai adalah menyediakan fitur multi player pada game Bomberman. Analisis sistem dan desain sistem dilakukan terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap pembuatan aplikasi. Informasi dari analisis sistem didapat dengan melakukan pencarian informasi mengenai kekurangan pada game Bomberman. Kebutuhan-kebutuhan tersebut didesain terlebih dahulu sebelum diimplementasikan. Desain sistem yang dibuat meliputi desain proses dan desain tampilan. Desain proses dibuat dengan menggunakan flowchart. Pembuatan dan verifikasi aplikasi adalah tahap terakhir dari pengembangan aplikasi. Pembuatan aplikasi dilakukan dengan menterjemahkan desain yang telah dibuat ke dalam bahasa pemrograman. Verifikasi dilakukan dengan melakukan uji coba terhadap aplikasi yang telah dibuat. Hal tersebut dilakukan dengan cara menjalankan aplikasi tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Feb 2014 02:27
Last Modified: 25 Feb 2014 02:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item