Motif Distributor Bekerja Full Time pada Multi Level Marketing Ditinjau dari Teori McGuire

Chandra, Nicodemus (2003) Motif Distributor Bekerja Full Time pada Multi Level Marketing Ditinjau dari Teori McGuire. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148790

Abstract

Banyaknya multi level marketing yang muncul akhir-akhir ini membuat pergeseran konsep dari konsep distributor Multi level marketing yang menjalankan bisnis secara part time menjadi bisnis yang dijalankan secara full time. Penelitian ini dibuat dengan tujuan mencari motif yang mendasari distributor Multi Level Marketing bekerja full time dengan mengacu pada 16 motif dari Mc Guire yang terdiri dari 8 motif internal yang terdiri dari motif consistency, motif autonomy, motif tension reduction, motif assertion, motif categorization, motif matching, motif ego defensive, motif identification dan 8 motif eksternal yang terdiri dari motif attribution, motif exploration, motif expressive, motif affiliation, motif objectification, motif utilitarian, motif reinforcement, dan motif modelling. Pada penelitian ini melibatkan subyek sebanyak 132 orang dengan teknik pengambilan sample incidental sampling, data diambil dengan cara menyebarkan angket. Data diolah dengan mencari reliabilitas dan validitas dari tiap item kemudian diranking, teknik analisa datanya menggunakan descriptive statistic. Pada hasil penelitian ini koefisien reliabilitas yang didapat adalah 0,3903. Hasi1 dari ranking menyatakan bahwa Inotif objectification yang menempati ranking pertama dengan mean sebesar 2,9470, kemudian secara berurutan dari ranking 2 sampai 5 adalah motif assertion (mean 2, 7273 ), motif reinforcement (mean 2,6345), motif ego defensive (mean 24640), dan motif calegorization (mean 2,44 70). Dalam penelitian ini yang dibahas 5 besar motif (motif objectification, motif assertion, motif reinforcement, motif ego defensive, dan motif categorization). Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar peneliti membandingkan dengan yang bekerja part time, ditambahkan data tentang income yang didapat pada angket, dan subyek dibatasi hanya sampai tingkatan distributor director karena banyak distributor yang tingkatannya sudah director keatas sudah mendapatkan income yang besar dan kebanyakan sudah menjalankan bisnis secara full time sehingga tidak diketahui apakah distributor bekerja full time karena memang terpaksa atau karena kesenangannya bekerja sebagai distributor Multi Level Marketing atau karena yang lainnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 25 Feb 2014 05:52
Last Modified: 25 Feb 2014 05:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8088

Actions (login required)

View Item View Item