Motif Mahasiswa Distributor Multi Level Marketing Ditinjau dari Teori Mc Clelland

., Lily (2004) Motif Mahasiswa Distributor Multi Level Marketing Ditinjau dari Teori Mc Clelland. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148732

Abstract

Sejalan dengan perkembangan jaman, kenyataannya sekarang ini perusahaan cenderung menginginkan sarjana yang telah mempunyai pengalaman kerja. Melihat melimpahnya angkatan kerja serta kecenderungan perusahaan yang menginginkan seorang sarjana yang telah mempunyai pengalaman kerja. Hal tersebut menyulitkan mahasiswa yang telah lulus dan mencari kerja namun tidak mempunyai pengalaman kerja, sehingga tidak mengherankan terlihat cukup banyak mahasiswa yang mengisi waktu luangnya dengan bekerja paruh waktu disela-sela waktu kuliah mereka. Hal yang perlu diketahui adalah motif-motif yang melatarbelakangi mahasiswa dalam mengambil keputusan untuk bekerja. Penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai motif-motif yang melatarbelakangi mahasiswa dalam bekerja khususnya sebagai distributor multi level marketing. Teknik pengambilan sampling menggunakan quota sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Z-score. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang bekerja sebagai distributor multi level marketing. Alasan pemilihan populasi ini adalah karena mahasiswa banyak yang bekerja sebagai distributor multi level marketing. Hasil analisis data dan perhitungan data statistik menunjukkan bahwa motif berprestasi, motif berafiliasi dan motif berkuasa merupakan motif yang sama sama kuat tetapi motif yang paling kuat yang melatarbelakangi mahasiswa untuk bekerja sebagai distributor multi level marketing adalah motif berkuasa, dimana sekitar 46.2%. Penulis menyimpulkan motif berkuasa merupakan motif kerja tertinggi karena mahasiswa yang bekerja sebagai distributor MLM lebih mementingkan kebutuhan yang berhubungan dengan prestise dan statusnya, memiliki keinginan yang kuat untuk menguasai, mengatur, dan mengendalikan orang lain, adanya kebutuhan yang tinggi untuk menunjukkan usaha pribadi mencapai sukses. Perlu pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini khususnya yang berkaitan dengan motif yang mendasari seseorang dalam bekerja, misalnya dengan tidak membatasi motif kerja agar motif kerja yang dihasilkan lebih spesifik dan berdasarkan hasil dari responden.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 25 Feb 2014 09:21
Last Modified: 25 Feb 2014 09:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item