Mutiara, Riany (2000) Analisa Ekuitas Merek La Lights Untuk Mendukung Strategi Pemasaran. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Saat ini banyak sekali merek rokok yang beredar di Indonesia baik merek lokal maupun merek luar negeri. Karena itu persaingan merek antara rokok menjadi semakin ketat. Oleh sebab itu dengan semakin banyaknya merek-merek rokok yang beredar tersebut maka PT. Djarum merasa perlu untuk mengkaji salah satu dari sekian banyak merek rokok yang baru saja diluncurkannya ( 1994 ) yaitu LA Lights. Persaingan saat ini mengalami suatu peubahan , bila dulu dititik beratkan pada kebutuhan dan keinginan konsumen, sekarang mengacu pada penciptaan loyalitas dan bagaimana mempertahankannya. Loyalitas berkaitan erat dengan kesadaran merek, persepsi kualitas dan asosiasi-asosiasi merek dari LA Lights. Untuk mengetahui maka diperlukan suatu penelitian terhadap ekuitas merek berdasarkan loyalitas, kesadaran persepsi dan asosiasi dari para konsumen terhadap LA Lights dibandingkan merek rokok lainnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : mengetahui loyalitas konsumen terhadap LA Lights, mengetahui kesadaran konsumen terhadap LA Lights, mengetahui asosiasi konsumen terhadap LA Lights serta mengetahui posisi merek LA Lights yang ada di benak konsumen. Manfaat yang ingin diperoleh dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan petimbangan manajemen perusahaan. Unuk menentukan startegi pemasaran sehingga dapat meningkatkan posisi LA Lights. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa konsumen rokok LA Lights terbagi menjadi dua kelompok. Responden cluster I termasuk dalam tingkat loyalitas cukup tinggi yaitu sebagian besar responden berada pada tingkat loyalitas komit dan biasa pada biaya peralihan. Pada tingkat loyalitas komit, responden memakai rokok LA Lights karena memang mereka selalu memakai produk tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa mereka sangat komit. Sedangkan sebagian responden lainnya berada pada tingkat loyalitas kebiasaan yaitu responden yang memakai rokok LA Lights hanya karena faktor kebiasaan atau tidak tahu alasan untuk membeli. Responden pada tingkat loyalitas ini tidak keberatan untuk berpindah merek. Sehingga perlu diterapkan suatu strategi untuk meningkatkan dan mempertahankan kesadaran merek responden terhadap rokok LA Lights. Sedangkan responden cluster 2 termasuk dalam tingkat loyalitas rendah yaitu tingkat loyalitas pindah-pindah dan biaya Peralihan. Kelompok ini berada dalam tingkatan loyalitas yang paling dasar. Artinya mereka menganggap bahwa merek apapun bagi mereka memadai. Sedangkan pada tingkat loyalitas biaya peralihan, responden sangat peka terhadap perubahan harga namun selama harganya masih terjangkau menurut mereka maka mereka masih setia terhadap produk tersebut. Responden dalam kelompok ini mempunyai kesadaran merek yang sedang terhadap rokok LA Lights. Sehingga perlu diterapkan. suatu strategi untuk merebut perhatian mereka agar kesadaran merek mereka masuk dalam golongan loyalitas yang tinggi, apalagi mereka adalah konsumen yang cukup potensial.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2014 03:05 |
Last Modified: | 26 Feb 2014 03:05 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8103 |
Actions (login required)
View Item |