Faktor-faktor pembentuk loyalitas merek pada pelanggan sepeda motor Honda

Nie, Co (2003) Faktor-faktor pembentuk loyalitas merek pada pelanggan sepeda motor Honda. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148800

Abstract

Mendekati pasar bebas, perdagangan elektronik dan otomotif di Indonesia makin marak. Berbagai jenis merek dan keunggulan yang ditawarkan membuat konsumen semakin selektif dalam membeli barang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu kebutuhan manusia adalah alat transportasi yang berguna untuk menunjang aktivitas sehari-harinya. Salah satunya adalah sepeda motor. Dengan membanjirnya produk-produk di pasar membuat para produsen bersaing ketat untuk merebut pasar. Situasi persaingan yang ketat ini telah menyebabkan perusahaan-perusahaan sulit untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Salah satu usaha untuk mempertahankan pasar yang telah ada, adalah dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan akan menjadi kunci sukses, tidak hanya dalam jangka pendek tetapi keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Hal ini karena loyalitas pelanggan memiliki nilai strategik bagi perusahaan. Penelitian ini mencoba mengungkapkan persaingan yang terjadi di pasar sepeda motor. Walaupun banyak merek sepeda motor yang masuk di Indonesia namun Honda tetap menjadi pemimpin pasar. Hal ini tidak terlepas dari loyalitas merek dari pelanggan sepeda motor Honda, karena loyalitas terhadap merek ini merupakan salah satu aset merek yang mempunyai arti sangat penting bagi perusahaan dengan produk pesaing (Aaker 1996:21 ). Ada lima faktor pembentuk loyalitas merek yaitu: Habitual Behavior, Switching Cost, Satisfaction, Liking Of the Brand, dan Commitment. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini. menggunakan angket dan dianalisis dengan analisis faktor. Sampel yang dipakai adalah orang yang telah membeli dan atau menggunakan sepeda motor Honda minimal melakukan pembelian dua kali, dan usia sampel 25 tahun ke atas. Dari hasil penelitian diperoleh Mean (X) masing-masing faktor mulai dari yang tinggi sampai yang paling rendah yaitu : faktor Habitual Behavior (X = 3,05), Switching Cost (X= 3,02), Commitment (X =3,00), Satisfaction (X= 2,92), Liking of the Brand (X= 2,90). Setelah dianalisis diperoleh bahwa dari lima faktor yang ada, satu faktor tidak dapat digunakan dalam analisis faktor yaitu faktor Liking of the Brand, karena tidak memiliki korelasi yang cukup kuat dengan variabel lainnya. Hal ini dapat dilihat dari MSA (Measures of Sampling Adequacy) yaitu 0,423 atau < 0,5, sehingga terjadi penyusutan menjadi 4 faktor yaitu faktor Switching Cost, faktor Habitual Behavior, Commitment dan Satisfaction. Untuk mengetahui loyalitas merek pelanggan sepeda motor Honda, peneliti melakukan penjumlahan terhadap Mean Ideal dan Standar Deviasi ideal terhadap empat faktor tersebut yang kemudian dimasukkan dalam kategori sangat rendah sampai dengan sangat tinggi, dan diperoleh bahwa loyalitas merek pelanggan sepeda motor Honda terletak pada kategori tinggi sampai dengan sangat tinggi yaitu 66,8%. Ini artinya bahwa pelanggan sepeda motor Honda pada penelitian ini loyal.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 Feb 2014 06:58
Last Modified: 26 Feb 2014 06:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8120

Actions (login required)

View Item View Item