Pembuatan Perangkat Lunak Pembelajaran Tentang Anatomi Tumbuhan untuk Siswa SMA

Sari, Nina Permana (2006) Pembuatan Perangkat Lunak Pembelajaran Tentang Anatomi Tumbuhan untuk Siswa SMA. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137280

Abstract

Materi anatomi tumbuhan merupakan salah satu materi dari mata pelajaran Biologi yang dipelajari di Sekolah Menengah Atas untuk siswa kelas 2. Menurut pengajar Biologi dan berdasarkan hasil tanya jawab dengan siswa SMA kelas 2, selama ini proses pembelajaran mata pelajaran Biologi dilakukan secara manual dimana guru menyampaikan materi dengan menggunakan papan tulis dan buku panduan, sedangkan siswa mendengar penjelasan dari guru dan membaca dari buku. Dengan cara seperti ini siswa sulit untuk melihat dan mengamati gambar di buku ataupun papan tulis karena pada beberapa buku gambarnya tidak jelas, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi anatomi tumbuhan. Dari hasil angket awal yang telah disebarkan kepada 30 siswa kelas 2 SMA, (60%) siswa menyatakan bahwa mata pelajaran Biologi tentang materi anatomi tumbuhan tergolong sulit untuk dipelajari. Selain itu siswa juga meyatakan bahwa diperlukan media pembelajaran dengan menggunakan bantuan komputer dalam mempelajari materi anatomi tumbuhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuat perangkat lunak pembelajaran tentang anatomi tumbuhan untuk siswa SMA. Tujuan dari pembuatan perangkat lunak ini adalah untuk membantu siswa dalam mempelajari materi anatomi tumbuhan. Materi anatomi tumbuhan yang dibahas dalam perangkat lunak ini adalah sel tumbuhan, jaringan tumbuhan, sistem jaringan tumbuhan dan organ tumbuhan. Pembahasan materi diberikan secara bertahap dan disajikan dalam bentuk teori berupa teks dan suara disertai animasi gambar. Selain itu perangkat lunak ini juga berisi latihan soal, kamus dan evaluasi. Latihan soal diberikan pada setiap materi anatomi tumbuhan yang dibahas. Evaluasi yang diberikan dalam bentuk evaluasi pilihan ganda dan evaluasi jodohkan. Dari hasil verifikasi didapatkan bahwa perangkat lunak ini telah bebas dari kesalahan setelah dilakukan uji coba beberapa kali. Dan hasil validasi yang diperoleh adalah perangkat lunak ini dapat membantu siswa dalam mempelajari materi anatomi tumbuhan, berdasarkan angket akhir dan hasil nilai tes akhir yang lebih tinggi daripada hasil nilai tes awal yang dilakukan oleh siswa SMA kelas 2. Kesimpulan yang dapat diambil adalah perangkat lunak ini dapat membantu siswa dalam mempelajari materi anatomi tumbuhan, dapat menampilkan gambar dari materi anatomi tumbuhan dengan jelas dan dapat menyajikan materi dengan pembahasan per sub materi dengan jelas. Saran yang diberikan untuk pengembangan lebih lanjut adalah materi pada perangkat lunak pembelajaran dapat dilengkapi dengan materi lain sesuai dengan mata pelajaran Biologi beserta gambar dan animasi tiga dimensi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 Feb 2014 07:12
Last Modified: 26 Feb 2014 07:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8125

Actions (login required)

View Item View Item