Desain dan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 Di Perpustakaan Universitas Surabaya

Martha , Elyana (2001) Desain dan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 Di Perpustakaan Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136346

Abstract

Jumlah Perguruan Tinggi yang cukup banyak di Indonesia membuat persaingan yang semakin ketat terutama dalam hal mutu/kualitas pendidikannya maupun pelayanannya. Hal ini membuat setiap Perguruan Tinggi untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha memenuhi apa yang pelanggan dengan cara yang lebih memuaskan dari apa yang dilakukan oleh Perguruan tinggi pesaing. Universitas Surabaya sebagai salah satu Perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia juga menghadapi hal yang sama. Untuk itu pihak manajemen UBAYA berkeinginan untuk menerapkan mutu ISO 9001:2000 di unit perpustakaan UBAYA mengingat Perpustakaan merupakan jantung dan urat nadi bagi suatu perguruan tinggi. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah identifikasi masalah, studi pustaka, scanning awal, desain sistem manajemen mutu, kesimpulan dan saran. Berdasarkan hasil scanning yang telah dilakukan persentase kesesuaian praktek-praktek sistem manajemen mutu di unit perpustakaan UBAYA terhadap standar ISO 9001:2000 adalah sebesar 67,65%. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa praktek-praktek sistem manajemen mutu di unit perpustakaan UBAYA masih dibawah standar persyaratan yang ditetapkan oleh ISO 9001:2000. Untuk memenuhi persyaratan yang belum dipenuhi tersebut maka dibuat desain dan dokumentasi Sistem manajemen mutu sesuai dengan standar ISO 9001:2000. Desain ini merupakan adopsi model pendekatan proses dari ISO 9001:2000 yang telah disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di unit perpustakaan UBAYA. Pada akhirnya diperoleh bahwa persyaratan sistem manajemen mutu yang seharusnya ada tapi belum ada di unit perpustakaan UBAYA dapat diterapkan dan didokumentasikan. Dengan adanya pemenuhan terhadap persyaratan standar ISO 9001:2000 maka dapat berfungsi sebagai pengganjal agar mutu layanan di Unit Perpustakaan UBAYA tidak mengalami penurunan. Untuk dapat terus meningkatkan mutu layanan maka pihak unit perpustakaan UBAYA harus melaksanakan perbaikan berkelanjutan dengan terus mengadakan Plan-Do-Check-Action.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 07:26
Last Modified: 26 Feb 2014 07:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item