Pengaruh Bentuk Iklan Surat Kabar dan Bentuk Iklan Radio terhadap Memori atas Iklan

., Christina (2003) Pengaruh Bentuk Iklan Surat Kabar dan Bentuk Iklan Radio terhadap Memori atas Iklan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148821

Abstract

Iklan mengkomunikasikan informasi yang membuat konsumen mempunyai ingatan tentang produk yang diiklankan. Keberhasilan iklan dalam pemasaran suatu produk terkait dengan memori. Iklan visual dapat menyampaikan iklan dalam bentuk gambar yang menarik, namun keterbatasan media iklan dapat membuat tampilan gambar tampilan gambar tidak optimal. Media surat kabar memiliki keterbatasan dalam hal visual, selain itu sebagian besar halamannya tidak berwarna sehingga iklan surat kabar lebih banyak berisi pesan-pesan verbal. Radio merupakan media yang memiliki kesamaan dengan surat kabar sehingga dapat dipertimbangkan sebagai alternatif lain. Penelitian ini akan melihat pengaruh bentuk iklan surat kabar dan bentuk iklan radio terhadap memori untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengingat informasi yang disampaikan dua bentuk iklan yang berbeda. Sampel penelitian adalah mahasiswa Universitas Surabaya yang diperoleh melalui teknik incidental sampling. Pengaruh bentuk iklan surat kabar dan bentuk iklan radio terhadap memori diteliti dengan cara menyampaikan dua bentuk iklan yang berbeda tersebut pada dua kelompok. Ingatan terhadap iklan dilihat dengan memberikan uji daya ingat terhadap subjek. Hasil uji daya ingat ini kemudian dianalisa dengan uji t. Uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,008 (<0,05) yang menunjukkan perbedaan kemampuan mengingat pada subjek yang menerima bentuk iklan surat kabar dan bentuk iklan radio. Informasi bentuk iklan surat kabar (mean=6, 1) ternyata lebih diingat dibandingkan bentuk iklan radio (mean=4,55). Walaupun kedua bentuk iklan sama-sama dapat menyampaikan informasi verbal, namun informasi iklan radio yang sekilas dengar membuat sampel tidak dapat mengingat dengan baik informasi iklan yang disampaikan. Sedangkan bentuk iklan surat kabar, meskipun tidak mengutamakan tampilan gambar dan warna yang menarik, secara visual tetap memiliki keunggulan dibandingkan bentuk iklan radio sehingga informasinya lebih diingat oleh subjek. . Hasil penelitian ini dapat memberi masukan bagi pihak-pihak yang terkait dengan dunia periklanan. Diketahui bahwa bentuk iklan surat kabar dapat memasukkan lebih banyak informasi ke dalam memori dibanding bentuk iklan radio. Bentuk iklan radio lebih sesuai untuk menyampaikan pesan singkat dan sebaiknya diulang penyampaiannya. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti menyarankan ada studi lebih lanjut untuk melihat kemampuan mengingat informasi iklan jika uji daya ingat diberikan dengan selang waktu yang bervariasi, rancangan iklan yang berbeda, pengulangan, atau dengan mengkombinasikan surat kabar dan radio untuk menyampaikan iklan. Peneliti juga menyarankan agar penelitian lebih lanjut dilakukan dengan mengontrol IQ sampel penelitian.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 Feb 2014 07:48
Last Modified: 26 Feb 2014 07:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item