Analisis Marketing Mix (4P) Pada Produk Accu X Di Sepanjang

Hartono, Eddy (2001) Analisis Marketing Mix (4P) Pada Produk Accu X Di Sepanjang. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136212

Abstract

Accu adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kendaraan terutama mobil dan motor. Pada saat ini lebih dari 4 merek accu dari produsen yang berbeda-beda telah beredar di pasaran lokal, seperti GS, YUASA, Gforce dan INCOE dan lain-lain. Masing-masing merek berusaha memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan menawarkan berbagai alternatif pilihan dalam berbagai ukuran, kemasan, dan jenis accu yang berbeda-beda. Untuk lebih menarik pelanggannya, pihak perusahaan berusaha untuk membuat keseimbangan antara harapan dan persepsi pelanggan terhadap produk accu agar dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan pelanggannya yang nantinya akan menyebabkan pelanggannya menjadi puas dan loya. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pembeli dan pengguna Accu "X" yang ada di wilayah Surabaya dengan metode purposive sampling. Dari data yang terkumpul ini, dilakukan pengolahan dan analisis secara bertahap sebagai berikut: tahap pertama, ditujukan untuk mengetahui latar belakang konsumen. Tahap kedua, ditujukan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap accu "X" serta variabel-variabel yang perlu diperbaiki oleh perusahaan. Dari hasil penelitian, responden terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertama adalah mereka yang tergolong sebagai toko, agen maupun bengkel sebanyak 75 responden sedangkan kelompok kedua adalah mereka yang tergolong perusahaan angkutan maupun perusahaan kapal terdiri dari 25 responden. Sedangkan analisis tingkatan loyalitas didapatkan hasil bahwa responden kelompok I cenderung memiliki tingkat loyalitas kebiasaan (29,3%) dan berpindah-pindah (26,7%). Sedangkan responden kelompok 2 cenderung memiliki tingkat loyalitas kebiasaan (44%). Dari tingkat kepuasan dapat diambil kesimpulan bahwa baik cluster I maupun cluster 2 masih belum puas karena tingkat kepuasannya bernilai negatif. Untuk mengetahui latar belakang responden baik kelompok I maupun kelompok 2 didapatkan hasil bahwa mayoritas untuk kelompok I berusia antara 30 tahun sampai dengan 40 tahun, sedangkan untuk kelompok II mayoritas berusia lebih dari 40 tahun. Untuk kelompok I mayoritas memperoleh informasi dari iklan, sedangkan untuk kelompok II mayoritas memperoleh informasi dari rekan kerja. Mayoritas untuk kelompok I memesan accu untuk setiap kali pesan adalah sebesar 51 sampai dengan 70 biji, sedangkan untuk kelompok II mayoritas rata-rata pemesanan accu untuk setiap kali pesan adalah lebih dari 70 biji. Mayoritas untuk kelompok I bertujuan untuk dijual kembali, sedangkan untuk kelompok II mayoritas digunakan untuk dipakai sendiri. Sedangkan dari hasil kuadran menunjukkan bahwa baik pada kelompok I maupun kelompok II ada beberapa variabel yang perlu diperbaiki guna untuk peningkatan loyaiitas masing-masing kelompok. Perbaikan itu dilakukan didasarkan pada variabel yang masuk di kuadran I maupun kuadran IV.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 03:54
Last Modified: 27 Feb 2014 03:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8138

Actions (login required)

View Item View Item