Marlina, Netik (2003) Hubungan Antara Sikap Terhadap Legenda dengan Perilaku Membeli Air Kemasan Narmada. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Akhir -akhir ini situasi dunia usaha makin berkembang pesat di Indonesia. Perusahaan-perusahaan mulai gencar melakukan inovasi-inovasi, baik pada produk maupun pada cara promosi / pemasaran produknya, agar konsumen mau memilih produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Inovasi-inovasi, baik dalam produk maupun cara pemasarannya, bisa dikatakan wajib dilakukan oleh perusahaan yang ingin tetap dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat ini. Tanpa adanya inovasi, maka perusahaan akan tergeser oleh pesaing-pesaingnya. Sebaliknya, dengan inovasi yang terus menerus, perusahaan akan mampu bersaing dan bertahan, bahkan memenangkan persaingan. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh PT Narmada Awet Muda adalah mencoba mendorong perilaku membeli masyarakat terhadap air kemasan Narmada melalui legenda air awet muda. Oleh karena itu, penelitian ini ingin melihat apakah ada hubungan antara sikap terhadap legenda dengan perilaku membeli air kemasan Narmada. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tersebut. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Lombok yang pernah melakukan pembelian terhadap air kemasan Narmada. Sampel diambil dengan teknik incidental sampling, dimana peneliti akan mengambil sampel diambil dari orang-orang yang ditemui yang pernah melakukan pembelian air kemasan Narmada dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Sampel akan diambil di daerah Lombok Barat, baik di daerah sekitar lokasi Narmada, maupun yang berada di kota, yang jauh dari lokasi sumber air Narmada. Hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara variabel sikap terhadap legenda air awet muda Narmada dengan perilaku membeli air kemasan dapat diterima, dengan nilai r sebesar 0,452 dan p < 0,0 1. Hubungan antara sikap terhadap legenda air awet muda Narmada dengan perilaku membeli menunjukkan nilai positif (r = 0,452). Nilai positif ini menunjukkan bahwa semakin baik sikap konsumen terhadap air Narmada maka semakin besar perilaku mereka dalam memperhatikan produk tersebut untuk membeli air kemasan Narmada. Begitu pula sebaliknya semakin negatif sikap konsumen terhadap air Narmada akan menurunkan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian terhadap air tersebut. Responden penelitian sebagian besar mempunyai sikap yang cukup positif terhadap air Narmada (60,00%) dan mempunyai perilaku membeli yang cukup tinggi (62,70%). Sumbangan variabel sikap terhadap air Narmada dengan perilaku membeli adalah sebesar sebesar 20,43%. Variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi perilaku membeli adalah nilai ekonomis, pengaruh lingkungan, perbedaan individu, dan proses psikologis.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 27 Feb 2014 06:18 |
Last Modified: | 27 Feb 2014 06:18 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8150 |
Actions (login required)
View Item |