Pengaruh persepsi terhadap program WRP dan dukungan sosial yang dirasakan terhadap perilaku kepatuhan konsumen dalam mengikuti program WRP

., Erawati (2003) Pengaruh persepsi terhadap program WRP dan dukungan sosial yang dirasakan terhadap perilaku kepatuhan konsumen dalam mengikuti program WRP. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148805

Abstract

Baru-baru ini banyak bermunculan produk-produk makanan dan minuman kesehatan, dan juga produk diet atau produk untuk membantu menurunkan berat badan. WRP (Weight Reduction Program) merupakan salah satu dari produk diet, yang terdiri dari berbagai macam produk dan sekaligus merupakan program untuk menurunkan berat badan. Untuk mengikuti suatu program bahkan untuk mematuhinya tidaklah semudah yang dibayangkan, demikian pula bila hal itu harus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup panjang dan mengubah kebiasaan atau pola makan. Menurut Laventhal (1984) dan Sarafino (1990), menyatakan bahwa persepsi dan dukungan sosial yang dirasakan memiliki pengaruh terhadap perilaku kepatuhan. Perilaku kepatuhan merupakan perilaku yang menunjukkan suatu kerjasama atau melaksanakan aturan dan nasehat yang diberikan untuk memiliki sikap-sikap yang pasti, dengan kerelaan akan adanya perubahan dalam perilaku dan rutinitas seharihari. Dari sini maka akan di uji apakah persepsi terhadap program WRP dan dukungan sosial yang dirasakan konsumen memiliki pengaruh terhadap perilaku kepatuhan konsumen selama mengikuti program WRP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik accidental sampling, yaitu sebanyak 84 orang. Data diperoleh dengan menggunakan angket. Angket yang disebarkan terdiri dari angket perilaku kepatuhan, angket persepsi terhadap program WRP, dan angket dukungan sosial yang dirasakan konsumen. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan teknik korelasi parsial dan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hipotesis mayor diterima yaitu persepsi terhadap program WRP dan dukungan sosial yang · dirasakan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap perilaku kepatuhan konsumen dalam mengikuti program WRP (F=23.939 dan p< 0.001). Sumbangan efektif yang diberikan persepsi terhadap program WRP dan dukungan sosial yang dirasakan terhadap perilaku kepatuhan sebesar 37.2%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain, yaitu ciri-ciri individual dari konsumen. Ciri-ciri individual tersebut antara lain: jenis kelamin, suku bangsa, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 28 Feb 2014 04:01
Last Modified: 28 Feb 2014 04:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8166

Actions (login required)

View Item View Item