Firantana, Irliana (2003) Perbedaan faktor kepuasan pelanggan antara pria dan wanita pengunjung resto gallery X. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Semakin ketatnya persaingan antar restoran atau kafe, maka mereka harus berusaha untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan, sehingga Restoran atau kafe yang dapat memberikan kepuasan yang lebih tinggi kepada para pelanggan dibandingkan dengan yang diberikan oleh pesaingnya akan dapat memenangkan persaingan. Memuaskan pelanggan memang tidak mudah, tetapi penting sekali, yaitu untuk membangun daya saing produk atau jasa. Bagi produk dan jasa yang ingin memiliki daya saing, tidak ada pilihan lain kecuali menciptakan kepuasan pelanggan. Seperti apa yang dikatakan oleh Kotler bahwa "The key to customer retention is customer satisfaction". Dalam penelitian ini konsumen dibagi dalam dua kelompok yaitu pria dan wanita, dimana dua kelompok tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan pria dan wanita ini berkaitan erat dengan proses sosialisasi, yang mempelajari sifat dan peran sesuai dengan jenis kelaminnya. Segmentasi menurut jenis kelamin ini telah lama diterapkan untuk produk-produk seperti kosmetik, pakaian, rokok, industri mobil dan lain sebagainya. Aspek perbedaan jenis kelamin ini termasuk yang sering digunakan produsen untuk menentukan segmen pasar yang hendak mereka raih. Dalam mempersepsi suatu obyek yang sama ada perbedaan antara pria dan wanita, baik karena perbedaan biologis maupun perbedaan peran jenis kelamin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik "Incidental Sampling" yaitu data yang diambil pada populasi yang tersedia pada saat penelitian, dengan sampel sebanyak 100 orang terdiri dari 50 pengunjung pria dan 50 pengunjung wanita. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah datang di Resto Gallery "X''. Pengambilan data dilakukan dengan angket yang akan mengukur kepuasan pelanggan antara pria dan wanita, sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis t-test. Hasil analisis didapatkan : t = 3,149, p = 0,05 atau p < 0,05, yang artinya ada perbedaan faktor kepuasan pelanggan yang signifikan antara pria dan wanita pengunjung Resto Gallery "X". Pelanggan pria memiliki kepuasan yang lebih tinggi dibandingkan pelanggan wanita, dimana pelanggan pria tidak terlalu memperhatikan segala sesuatunya secara rinci karena mereka lebih memiliki pertimbangan yang kuat dan tidak gampang dipengaruhi. Maka dapat disarankan bagi Resto Gallery "X" supaya lebih memperbaiki dan meningkatkan produk dan jasanya seperti cita rasa makanan dengan harga yang ditawarkan sesuai, keramahan karyawan dan juga pelayanan yang memuaskan dimana lebih cepat dan tanggap dalam melayani pelanggan, sehingga pada akhirnya tercapai kepuasan pelanggan tersebut dan pelanggan akan lebih loyal.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 28 Feb 2014 07:29 |
Last Modified: | 28 Feb 2014 07:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8175 |
Actions (login required)
View Item |