Kesadaran merek pada produk fres & natural soap

Prihartini, Shinta (2003) Kesadaran merek pada produk fres & natural soap. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148799

Abstract

Konsumen cenderung membeli merek yang sudah dikenal, karena dengan membeli merek yang sudah dikenal, mereka merasa aman, terhindar dari berbagai resiko pemakaian dengan asumsi kalau merek yang sudah dikenal lebih dapat diandalkan. Penjelasan ini menunjukkan betapa pentingnya Brand awareness (kesadaran merek) sebagai kemampuan responden untuk mengidentifikasi (mengenal atau menyebut) merek Fres & Natural Soap, dan semakin banyak merek Fres & Natural Soap diingat orang, semakin tinggi Brand awareness (kesadaran merek) Fres & Natural Soap. Semakin sadar seseorang terhadap Fres & Natural Soap, dapat diperdiksikan kemungkinan besar pembelian terhadap produk ini saat membutuhkan sabun mandi. Subjek penelitian ini adalah orang yang tinggal di wilayah Sidoarjo dan bersedia mengisi angket yang penulis susun. Metode sampling yang digunakan adalah Incidental sampling. Metode pengambilan data menggunakan angket terbuka dan tertutup, dengan jumlah subjek sebanyak 80 orang. Teknik analisa data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 9.0. Hasil penelitian terhadap Brand awareness (kesadaran merek) produk Fres & Natural Soap ditemukan sebagai berikut : (1) Brand awareness (kesadaran merek) responden berada pada tahap Brand recall ( mengingat atau menyebut lagi nama merek) 50% ( 40 orang), artinya 50% responden dapat menyebut atau mengingat kembali nama Fres & Natural Soap saat ditanya mengenai merek sabun mandi ; (2) Sedangkan yang mampu melakukan Brand recognition (mengenali kembali merek) 28,75% (23 orang), artinya 28,75% responden mampu mengenali kembali merek. Saran : Lebih menggali lagi Brand recall dengan mengontrol proses pengambilan data. Serta untuk pihak prosusen disarankan menjadi sponsor suatu kegiatan tertentu dengan ditunjang acara kuis sehingga calon konsumen tidak hanya menyadari adanya merek Fres & Natural Soap tetapi juga mengetahui ragam sabun Fres & Natural Soap.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 28 Feb 2014 07:38
Last Modified: 28 Feb 2014 07:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item