Hubungan antara keyakinan terhadap mitos kecantikan dan kepercayaan diri dengan pemakaian kosmetika pemutih wajah

Setyowati, Yanuar Diah (2003) Hubungan antara keyakinan terhadap mitos kecantikan dan kepercayaan diri dengan pemakaian kosmetika pemutih wajah. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148227

Abstract

Penampilan fisik mempengaruhi cara lingkungan sosial menerima diri seseorang dan dampak lebih jauh yang dapat ditimbulkan akan mempengaruhi perkembangan kepribadian individu yang bersangkutan. Kondisi ini juga mengarah pada rasa percaya diri individu (Fatmawati, 1998). Melihat masalah tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara keyakinan terhadap mitos kecantikan dan kepercayaan diri dengan pemakaian kosmetika pemutih wajah. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Psiko1ogi Universitas Surabaya, berusia antara 21-25 tahun, dan memakai kosmetika pemutih wajah. Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian korelasi yang bersifat kuantitatif dengan analisa regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil uji dengan analisa regresi yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keyakinan terhadap mitos kecantikan dan kepercayaan diri dengan intensitas pemakaian kosmetika pemutih wajah dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,363 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,132 dengan F reg= 4,95 dan p = 0,014 (p < 0,05). Hasil uji analisa regresi juga menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keyakinan terhadap mitos kecantikan dan kepercayaan diri dengan pemakaian kosmetika pemutih wajah dengan koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,369 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,136 dengan Freg = 4,737 dan p = 0,012 (p < 0,05). Penampilan fisik dapat memberikan sumbangan bagi seseorang untuk mendapat kesempatan dan keuntungan khusus sehingga akan muncul suatu perilaku untuk memperbaiki penampilan fisik diantaranya adalah dengan memakai kosmetika pemutih wajah supaya wajah menjadi putih dan menarik. Hal ini mempengaruhi frekuensi dan intesitas pemakaian kosmetika pemutih wajah.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 03 Mar 2014 07:50
Last Modified: 03 Mar 2014 07:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8200

Actions (login required)

View Item View Item