Soetanto, Irene (2003) Pengaruh pelatihan LEAD terhadap peningkatan kemandirian pada anak tunanetra. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh pelatihan LEAD terhadap peningkatan kemandirian pada anak tunanetra. Alat pengukur yang digunakan adalah angket kemandirian untuk mengukur skor kemandirian, angket ARP Quick Take untuk mengukur tingkat adversity quotient, dan angket QCC untuk mengukur tipe subjek dalam menghadapi masalah. Subjek penelitian (N=4) adalah anak tunanetra yang mengalami kebutaan sejak lahir dan tidak memiliki double handycap. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan menggunakan two groups pre-test post-test design. Analisis statistika non parametrik U Mann Whitney- Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antar kelompok kontrol dan eksperimen, namun pada kelompok eksperimen tidak ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Analisa data individual menunjukkan pelatihan LEAD pada kelompok eksperimen dapat meningkatkan skor kemandirian sebanyak dua tingkat. Didiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakberhasilan pelatihan LEAD terhadap tingkat kemandirian.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 03 Mar 2014 07:57 |
Last Modified: | 03 Mar 2014 07:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8201 |
Actions (login required)
View Item |