Pembuatan Perangkat Lunak Tentang Pengetahuan Tata Surya Untuk Umur 6-11 Tahun

Wijaya, Ferdinand Hartono (2006) Pembuatan Perangkat Lunak Tentang Pengetahuan Tata Surya Untuk Umur 6-11 Tahun. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137313

Abstract

Tata surya adalah bagian dari mata pelajaran IPA yang mempelajari tentang benda-benda langit. Benda-benda langit tersebut meliputi planet-planet, bulan, bintang, meteor, dan komet. Pembelajaran itu juga meliputi pergerakan benda-benda langit tersebut, misalnya rotasi dan revolusi. Pada saat ini pengetahuan tentang tata surya bisa didapat dari buku pelajaran IPA, tanya jawab dengan guru, pelajaran di sekolah. Permasalahan yang ada untuk mempelajari tata surya ini adalah gambar-gambar yang ada di buku tidak bergerak, sehingga anak yang mempelajari tentang tata surya ini hanya dapat membayangkan bagaimana kira-kira gerakan yang terjadi pada planet (misal rotasi dan evolusi) dan benda langit lainnya (misal komet). Selanjutnya dilakukan analisa sistem untuk mengetahui kebutuhan sistem dengan menyebarkan kuisioner kepada siswa kelas 1-6 SD dan melakukan tanya jawab dengan pengajar. Kebutuhan sistem yang diperlukan adalah sistem harus dapat memberikan informasi berupa penjelasan mengenai materi yang diajarkan, sistem yang berisi soal-soal latihan beserta dengan pembahasan dari soal latihan tersebut, dan sistem yang menyediakan soal-soal evaluasi. Proses uji coba dan evaluasi dilakukan setelah program selesai dibuat. Uji coba dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama merupakan tahap verifikasi, dimana dalam tahap ini dilakukan pemeriksaan seluruh fasilitas yang ada dan memastikan bahwa program yang dibuat telah bebas dari kesalahan. Sedangkan dalam tahap validasi dilakukan pemeriksaan program, apakah program yang dibuat telah benar dan mencapai tujuannya. Tahap ini dilakukan dengan memberikan soal-soal latihan kepada beberapa siswa sebelum memakai perangkat lunak pembelajaran dan sesudah memakai perangkat lunak pembelajaran. Kemudian hasil dari pengerjaan soal latihan tersebut dibandingkan dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Selain itu juga dilakukan penyebaran kuisioner pada siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah perangkat lunak pembelajaran tata surya ini menyajikan materi dengan jelas. Selain itu, perangkat lunak pembelajaran yang dibuat juga membantu siswa dalam memahami tata surya. Sedangkan saran untuk pengembangan perangkat lunak yaitu membuat perangkat lunak pembelajaran pembelajaran yang menggunakan gambar dari benda-benda langit yang sebenarnya dan membuat perangkat lunak pembelajaran dengan berbasis web.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Mar 2014 02:49
Last Modified: 04 Mar 2014 02:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8215

Actions (login required)

View Item View Item