Pembuatan Perangkat Lunak Pembelajaran Materi Genetik Bagi Siswa SMA

Darmawan, Steven Yudha (2006) Pembuatan Perangkat Lunak Pembelajaran Materi Genetik Bagi Siswa SMA. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137289

Abstract

Materi Genetika merupakan salah satu materi dari mata kuliah Biologi tingkat SMA. Di dalam proses pembelajarannya, menurut hasil survey dengan beberapa siswa SMU, siswa merasa kesulitan untuk memahami bagaimana asal mula terbentuknya berbagai macam sifat yang ada pada makhluk hidup dan juga kesulitan untuk menyilangkan antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya secara benar menurut aturan yang ada. Hal ini disebabkan karena selama ini materi yang dipelajari hanya berupa soal-soal latihan tanpa adanya penjelasan sehingga siswa menjadi hanya asal menjawab saja dan kurang mengerti tentang jawabannya karena tidak adanya penjelasan. Salah satu penyelesaian yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran. Dalam metode ini sistem dipakai sebagai alat untuk menyampaikan materi yang berbentuk teori dan gambar serta memberikan petunjuk untuk menyelesaikan suatu persoalan. Dengan metode ini diharapkan siswa SMU dapat mempelajari dan memahami materi yang disampaikan. Selanjutnya dilakukan analisa sistem untuk mengetahui kebutuhan sistem dengan menyebarkan kuisioner kepada siswa kelas III SMA dan melakukan tanya jawab dengan pengajar. Kebutuhan sistem yang diperlukan adalah sistem harus dapat memberikan informasi berupa penjelasan mengenai materi yang diajarkan, sistem yang berisi soal-soal latihan berupa pembahasan dan skor akhir, dan sistem yang menyediakan soal-soal evaluasi. Proses uji coba dan evaluasi dilakukan setelah program selesai dibuat. Uji coba dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama merupakan tahap verifikasi, dimana dalam tahap ini dilakukan pemeriksaan seluruh fasilitas yang ada dan memastikan bahwa program yang dibuat telah bebas dari kesalahan. Sedangkan dalam tahap validasi dilakukan pemeriksaan program, apakah program yang dibuat telah benar dan mencapai tujuannya. Tahap ini dilakukan dengan memberikan soal-soal latihan kepada beberapa siswa sebelum memakai perangkat lunak pembelajaran dan sesudah memakai perangkat lunak pembelajaran. Kemudian hasil dari pengerjaan soal latihan tersebut dibandingkan dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Selain itu juga dilakukan penyebaran kuisioner pada siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah perangkat lunak pembelajaran materi Genetika menyajikan materi dengan pembahasan per sub materi dengan jelas. Selain itu, perangkat lunak pembelajaran yang dibuat juga membantu siswa dalam memahami materi Genetika tersebut. Sedangkan saran untuk pengembangan perangkat lunak yaitu membuat perangkat lunak pembelajaran materi Genetika dengan memberikan editor persilangan yang lebih komplex dan membuat perangkat lunak pembelajaran materi genetika ke dalam aplikasi berbasis web

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Mar 2014 04:02
Last Modified: 04 Mar 2014 04:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8232

Actions (login required)

View Item View Item