Penerapan Metode Heuristik dengan Cara Maximality Value pada Game Tic Tac Toe pada Handphone

Aryanto T.T., Karseno (2006) Penerapan Metode Heuristik dengan Cara Maximality Value pada Game Tic Tac Toe pada Handphone. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137281

Abstract

Permainan Tic Tac Toe yang biasa disebut dengan pentol silang adalah permainan menyusun langkah menggunakan tanda bulat dan silang hingga tanda itu membentuk garis secara horisontal atau vertikal atau diagonal dengan 5 tandanya tanpa terhalangi oleh tanda lawan. Papan permainan yang digunakan berbentuk persegi berisi banyak persegi didalamnya untuk meletakkan tanda bulat atau silang dalam permainan. Permainan akan berakhir jika salah satu pemain menempatkan 5 tandanya dengan posisi segaris tanpa terhalang tanda lawan. Apabila permainan belum selesai, pemain dapat menyimpan permainan dan dapat dilanjutkan kembali suatu saat. Aplikasi permainan Tic Tac Toe ini dimainkan oleh 2 pemain yaitu pengguna melawan komputer sehingga pemain tidak membutuhkan orang sebagai lawan bermain. Kecerdasan buatan yang digunakan yaitu menggunakan metode heuristik dengan cara maximality value. Tingkat kesulitan komputer dibagi empat bagian dari yang paling mudah hingga yang sukar. Dalam permainan Tic Tac Toe dibutuhkan strategi yaitu pemain dapat menyusun langkah dan menutup langkah sehingga dapat menggagalkan strategi lawan. Pelaksanaan ujicoba yang dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap verifikasi yang dilakukan dengan menjalankan semua fasilitas yang ada pada aplikasi permainan Tic Tac Toe dan tahap validasi yang dilakukan dengan memproses setiap data yang diterima dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada 30 orang. Dengan mengimplementasikan metode heuristik dengan cara maximality value pada aplikasi permainan Tic Tac Toe, maka komputer diharapkan mempunyai kemampuan bermain dan dapat mengembangkan permainan. Saran untuk pengembangan tugas akhir ini adalah ditambahkan fitur bermain antar handphone dengan koneksi Bluetooth dan ditambahkan profil dan statistik untuk beberapa pemain sehingga pengguna mengetahui perbandingan kemenangan tiap pemain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 01:41
Last Modified: 15 Apr 2014 04:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8258

Actions (login required)

View Item View Item