Pembuatan Cal Pembelajaran Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Untuk Kelas 4 Sekolah Dasar

Soedijono, Herman (2006) Pembuatan Cal Pembelajaran Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Untuk Kelas 4 Sekolah Dasar. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137246

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran yang diberikan pada siswa mulai sekolah dasar. Dari hasil tanya jawab dengan pengajar pada sekolah dasar kelas 4 dapat disimpulkan bahwa pengajar memerlukan bantuan atau media pembelajaran dalam menerangkan mata pelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan. Selain itu, para siswa merasa kesulitan untuk memahami materi operasi hitung bilangan, seperti operasi pembagian dan operasi hitung campuran karena tidak dapat memvisualisasikan materi yang diajarkan oleh para pengajar. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka penulis membuat CAL yang dapat membantu para siswa untuk memahami materi operasi hitung bilangan secara mandiri. Konsep dasar dan teori yang digunakan dalam pembuatan program, antara lain dengan mendefinisikan materi operasi hitung bilangan yang diterima oleh siswa kelas 4 sekolah dasar. Selanjutnya dilakukan analisis sistem untuk mengetahui kebutuhan sistem dengan menyebarkan angket kepada para siswa dan melakukan tanya jawab dengan para pengajar. Setelah proses analisis ini selesai maka dilakukan desain sistem untuk merancang program yang akan dibuat disesuaikan dengan kebutuhan sistem, kemudian melakukan implementasi terhadap desain dari sistem tersebut ke dalam perangkat komputer. Setelah selesai dari fase pembuatan CAL ini maka dilakukan proses uji coba untuk mengetahui hasil dari CAL yang telah dibuat. Metode uji coba terbagi menjadi dua tahap, yaitu : verifikasi dan validasi. Proses verifikasi akan memeriksa seluruh fasilitas CAL dan mengujinya untuk memastikan bahwa CAL bebas dari kesalahan. Sedangkan proses validasi akan memeriksa apakah program yang dijalankan sudah benar dan mencapai tujuannya. Pada tahap validasi ini, dilakukan dengan melakukan pengujian pada para pengajar dan para siswa. Setelah selesai melakukan uji coba maka langkah selanjutnya dilakukan pengisian angket kepada para pengajar dan para siswa untuk mengetahui program yang dijalankan sudah mencapai tujuan atau belum. Kesimpulan yang dapat diambil adalah CAL pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan untuk kelas 1 sekolah dasar menyajikan materi dengan pembahasan per sub materi. Selain itu, CAL ini membantu pengajar dalam menerangkan materi tentang operasi hitung bilangan dan juga membantu siswa untuk memahami materi tersebut. Saran untuk pengembangan CAL ini adalah program memiliki fasilitas untuk membuat soal latihan dan evaluasi yang diperuntukkan bagi pengajar dan program dapat dijalankan lebih dari 1 komputer dengan sistem jaringan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 02:22
Last Modified: 05 Mar 2014 02:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item View Item