Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Program Relationship Marketing PT. Rapindo Plastama

Chandra, Natalia (2006) Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Program Relationship Marketing PT. Rapindo Plastama. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_4078_Abstrak.pdf

Download (70Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143910

Abstract

Dewasa ini, perkembangan perusahaan-perusahaan di Surabaya semakin sulit dan kompetitif. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu menghadirkan kemudahan dan kecepatan akses informasi, berkontribusi pada semakin cerdas dan canggihnya konsumen di era milenium baru ini. Konsumen masa kini semakin sulit dipuaskan. Konsekuensinya, perusahaan tidak bisa survive tanpa kemampuan memahami setiap pelanggan serta menawarkan produk dan jasanya yang lebih ter-costumized kepada pelanggan. Untuk mengatasi ketidaksetiaan pelanggan, maka perusahaan harus menciptakan hubungan baik yang terus-menerus dengan pelanggan, yaitu melalui relationship marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program relationship marketing di PT Rapindo Plastama di Surabaya melalui tiga komponennya, yaitu financial benefits, social benefits, dan structural ties. Konsep yang digunakan adalah konsep dari Boove, et al (1995;646) : "Relationship marketing is strategy to build long term customer loyalty that is based on becoming partners with customers and doing everything possible to contribute their success". Relationship marketing adalah strategi untuk membangun kesetiaan pelanggan dalam jangka panjang dengan menganggap customer sebagai mitra dan melakukan segala sesuatu yang memungkinkan untuk kontribusi kesuksesan perusahaan. Jenis penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan fenomena atau gejala yang terjadi pada PT Rapindo Plastama dalam melaksanakan program relationship marketing. Rekomendasi untuk PT Rapindo Plastama pada komponen financial benefits adalah mengembangkan relationship marketingnya untuk desain jasa/logo dengan jasa/ide-ide kreatif untu memenuhi keinginan konsumen pada saat gambar/logo awal perusahaan pelanggan tidak matching dengan warna/tipe plastik yang diinginkan pelanggan. Untuk social benefits perlu lebih kreatif dalam ikatan sosial, misalnya pemberian souvenir, yang melebihi harapan pelanggan. Sedangkan komponen structural ties diperlukan customer gathering.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Mar 2014 02:56
Last Modified: 19 Aug 2014 07:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item