Studi Perilaku Konsumen Mobile Banking di Surabaya

Setiawati, Ely (2005) Studi Perilaku Konsumen Mobile Banking di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/144039

Abstract

Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi dan jaman, maka hal tersebut membuat manusia semakin berlomba-lomba untuk membuat sesuatu yang selalu baru setiap waktunya. Saat ini teknologi Internet telah memunculkan gaya kehidupan dan bisnis semuanya diawali dengan "e", seperti e-mail, e-business, e-banking, e-commerce,e-cards, e-franchise, e-book, e-retail, e-control, dan sehingga memungkinkan tiap-tiap orang berkumpul menjadi suatu komunitas maya (digital). Berkat Teknologi seperti WAP, Java, SyncML, Wireless PKI, hal ini memungkinkan tetjadinya perkawinan antara teknologi komunikasi dan teknologi Informasi telah memungkinkan munculnya gaya kehidupan dan bisnis yang semuanya di awali dengan huruf "m" yang berarti mobile, seperti m-banking, m-commerce, m-fun, m-card, m-phone, m-mail, m-business dan sebagainya sehingga hal ini memungkinkan terbentuknya masyarakat komunitas mobile. Saat ini salah satu layanan yang saat ini mulai diminati oleh konsumen adalah layanan mobile banking. Selain bisa banyak menghemat waktu dan tenaga, mobile banking juga mampu memberikan layanan yang cepat, tidak peduli dimanapun pelanggan berada saat bertransaksi. Layanan ini secara perlahan mulai menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Saat pertama kali diluncurkan, layanan ini hanya berlaku untuk masyarakat perkotaan saja. Namun untuk saat ini, layanan mobile banking sudah menggeliat dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat di luar perkotaan. Pada umumnya, konsumen menyukai layanan mobile banking selain karena bisa menghemat waktu, juga bisa menghemat tenaga. Pengguna hanya tinggal mengetik SMS dari ponsel mereka untuk urnsan pembayaran tagihan, pembelian isi ulang voucher pulsa, informasi saldo maupun transaksi lainnya. Saat ini bank-bank mulai menyempurnakan layanan mobile banking-nya, dengan mencantumkan nomor yang singkat dan mudah diingat. Jenis layanan mobile banking sebenarnya terdiri dari berbagai macam informasi, seperti rekening tabungan, transfer tagihan pembayaran listrik, pembayaran telepon, kartu kredit dan berbagai macam tagihan lainnya. Untuk menambah kepuasan konsumen, layanan ini juga dilengkapi dengan fasilitas call center berteknologi tinggi ditambah dengan customer service yang berpengalaman. Fungsi ATM (Anjungan Tunai Mandiri) kini sudah terlalu banyak dibebani dengan pembayaran-pembayaran lain, di samping fungsi aslinya sebagai teller machine. Dengan berkembangnya teknologi, di masa depan fungsi berbagai pembayaran itu akan bisa dialihkan melalui mobile banking Sebelum melakukan pembelian, setiap konsumen pasti akan mengambil keputusan dalam membeli suatu barang atau jasa. Setiap keputusan yang diambil antara konsumen yang satu dengan yang lainnya seringkali memiliki perbedaan, baik dari segi perilaku maupun dalam kebiasaan pembelian. Hal ini dikarenakan, karena masing-masing individu memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda dan dapat berubah dari waktu ke waktu. Perbedaan ini menunjukkan bahwa suatu produk bersifat heterogen. Oleh karena itu tiap perusahaan perlu memperhatikan atau mengetahui perilaku pembelian konsumen dalam memasarkan produknya, agar barang atau jasa yang diproduksi dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dapat disimpulkan bahwa suatu studi tentang perilaku konsumen merupakan serangkaian proses yang dilakukan konsumen dengan segala keterbatasan resources yang dimiliki untuk mendapatkan suatu produk atau jasa yang dibutuhkan. Maka, dengan demikian, pemasar harus dapat benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Mar 2014 03:20
Last Modified: 05 Mar 2014 03:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8280

Actions (login required)

View Item View Item