Pribadi, Bagus Wicaksono (2004) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Karakteristik Pekerjaan dan Kuantitas Jam Mengajar Dengan Semangat Kerja. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pendidikan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. karena dari segi pendidikanlah kemajuan bangsa akan terwujud. Guru adalah komponen manusiawi dalam pendidikan yang turut andil di dalam kemajuan anak-anak bangsa melalui proses belajar mengajar. Fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekarang ini, dapat di lihat banyaknya guru yang merangkap mengajar pada satu sekolah. Seorang guru yang bekerja merangkap tentunya memiliki kuantitas jam mengajar yang tinggi pula. Situasi yang demikian tentunnya akan mempengaruhi semangat kerja mereka, mereka akan mudah capek, bosan, tidak bergairah dalam mengadakan proses belajar, kurang termotivasi dan kurangnya keberartian dalam bekerja Dengan begitu pada akhirnya akan berdampak pada mutu pendidikan. Tetapi apabila mereka tetap. menjunjung tinggi persepsi mereka terhadap karakteristik pekerjaannya maka hal itu sebagai bentuk penyeimbang agar semangat kerja mereka tidak menurun. Dengan memiliki persepsi yang positif terhadap karakteristik pekerjaannya maka akan dapat meningkatkan motivasi semangat kerjanya. Begitu juga dengan sebaliknya, apabila mereka memiliki persepsi terhadap karakteristik pekerjaannya rendah, maka akan mempengaruhi motivasi dan keberartian mereka dalam bekerja sehingga akan berdampak pada semangat kerja mereka, dalam hal ini peneliti membatasi ruang lingkup penelitian. ruang lingkup tersebut adalah guru yang bekerja merangkap mengajar pagi dan siang hari. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang guru yang mengajar di SMUN 7 pada pagi harinya dan merangkap mengajar di SMU PGRI 10 pada siang harinya. Hasil data analisis regresi menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap karakteristik pekerjaan dan kuantitas jam mengajar dengan semangat kerja ( F= 17,858, p= 0,000). Dari uji korelasi parsial di dapat r = 0,541, p= 0,002 yang berarti ada bubungan antara persepsi terhadap karakteristik pekerjaan dan semangat kerja dengan mengontrol kuantitas jam mengajar. Sedangkan uji korelasi parsial r = -0,534, p = 0,003 menunjukkan ada hubungan antara kuantitas jam mengajar dan semangat kerja dengan mengontrol persepsi terhadap karakteristik pekerjaan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:35 |
Last Modified: | 05 Mar 2014 04:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8284 |
Actions (login required)
View Item |