Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Dukungan Sosial Guru Dengan Kepercayaan Diri Siswa Tuna Daksa

Rahmayanti, Dwi Oktamira (2004) Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Dukungan Sosial Guru Dengan Kepercayaan Diri Siswa Tuna Daksa. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152060

Abstract

Kepercayaan diri adalah hal yang penting untuk dimiliki individu, terutama untuk siswa tuna daksa yang diintegrasikan ke sekolah reguler, karena dengan memiliki kepercayaan diri yang baik, siswa tuna daksa terintegrasi diharapkan bisa bersosialisasi dengan baik, sehingga bisa lebih memaksimalkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya tanpa ada suatu tekanan. Hayes dan Higgins (dalam Mercer, 1983) mengatakan bahwa para murid yang cacat perlu bergabung dengan berbagai program pendidikan dan layanan yang tersedia untuk murid yang normal. Untuk bisa menumbuhkan rasa percaya diri tersebut, salah satu hal yang dibutuhkan adalah dukungan sosial dari guru sekolah reguler (mainstream ). Segala bentuk dukungan sosial guru terhadap siswa akan membentuk suatu penilaian atau persepsi tersendiri pada diri siswa terhadap dukungan sosial guru tersebut. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap dukungan sosial guru dengan kepercayaan diri pada siswa tuna daksa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tuna daksa yang diintegrasikan dari SLB D YPAC cabang Jember ke SDN Kaliwates III Jember dan terdiri dari lima subjek. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket tertutup dan angket terbuka yang diberikan pada subjek. Selain itu, untuk lebih menunjang hasil penelitian, juga dilakukan observasi dan wawancara. Hasil analisis data dengan menggunakan statistik non parametrik teknik korelasi Spearman, diperoleh koefisien korelasi antara persepsi siswa terhadap dukungan sosial guru dengan kepercayaan diri siswa tuna daksa sebesar 0.900 dengan p = 0.037. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap dukungan sosial guru dengan kepercayaan diri siswa tuna daksa. Dari hasil observasi dan wawancara, ditemukan juga beberapa faktor lain yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa tuna daksa. Faktor-faktor tersebut ada yang berpengaruh secara positif dan ada juga yang berpengaruh secara negatif Faktor yang berpengaruh secara positif adalah model dan orang-orang terdekat yang dalam hal ini selain guru adalah orang tua, sedangkan faktor yang berpengaruh secara negaif adalah penerimaan teman sebaya dan penerimaan diri terhadap penampilan fisik. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya adalah diharapkan untuk bisa menggali lebih dalam faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kepercayaan diri siswa tuna daksa.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 05:48
Last Modified: 05 Mar 2014 05:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item