Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Karakteristik Pekerjaan Dengan Keterlibatan Kerja Guru

Vanya I, Yasmin Murti (2004) Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Karakteristik Pekerjaan Dengan Keterlibatan Kerja Guru. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152064

Abstract

Keterlibatan kerja guru dalam profesinya sangat penting, karena guru memiliki peran dan tanggung jawab sangat besar terhadap kelangsungan proses pendidikan. Kenyataannya guru dalam kegiatan belajar mengajar ada yang terlibat dan ada yang tak terlibat. Banyak hal yang mempengaruhi keterlibatan guru dalam bekerja diantaranya persepsi masing - masing guru terhadap karakteristik pekerjaan. Guru yang memandang pekerjaannya adalah pekerjaan yang membutuhkan ragam keterampilan, memliki kejelasan tugas, otonomi, dan umpan balik akan lebih terlibat terhadap pekerjaannya. Penelitian ini ingin melihat hubungan antara persepsi terhadap karakteristik pekerjaan dengan keterlibatan kerja guru. Subjek penelitian ini adalah 35 orang guru dari dua Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. Variabel keterlibatan kerja guru dan variabel persepsi terhadap karakteristik pekerjaan diukur dengan menggunakan angket tertutup. Data dianalisis dengan menggunakan analisis teknik Product Moment. Hasil analisis mengungkap bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap karakteristik pekerjaan dengan keterlibatan kerja guru ( r = 0,616 ; p = 0,000). Sumbangan efektif yang diberikan sebesar 36%. Berarti masih terdapat 64% faktor lain yang berkaitan dengan keterlibatan kerja guru di luar variabel persepsi terhadap karakteristik pekerjaan antara lain : usia, jenis kelamin, masa kerja, tingkat pendidikan, hasil kerja, serta hubungan antara sesama pekerja dan faktor - faktor sosial lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek merasa pekerjaannya memiliki ragam keterampilan dan kejelasan tugas. Dan keterlibatan kerja guru sebagian besar lebih ditunjukkan pada tingkat kebanggaan guru terhadap pekerjaannya serta tanggung jawab guru yang besar terhadap profesinya. Dari hasil yang didapat, saran yang diberikan adalah agar guru tetap mempertahankan keterlibatan kerja melalui perwujudan profesionalisme dalam segala aspek pendidikan. Sekolah lebih meningkatkan sarana dan prasarana guna membantu guru mencapai idealismenya, Juga diharapkan lebih memberikan otonomi dalam bertugas dan umpan balik sebagai informasi hasil kerja guna meningkatkan keterlibatan kerja guru.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 06:01
Last Modified: 05 Mar 2014 06:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8289

Actions (login required)

View Item View Item