Membangun Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia : Esensi Pendidikan Kesadaran (Analisis Wacana Opini Pendidikan Kompas Periode Juli 2003 Januari 2004)

Pramono, Sugeng (2004) Membangun Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia : Esensi Pendidikan Kesadaran (Analisis Wacana Opini Pendidikan Kompas Periode Juli 2003 Januari 2004). [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151977

Abstract

Bermula dari laporan lndeks Pembangunan Manusia (IPM) 2003 yang menempatkan Indonesia pada urutan 112 dari 175 negara mendorong pemerintah Indonesia melakukan perbaikan. Upaya perbaikan termanifestasi pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 yang mewacanakan (1) alokasi dana pendidikan 20 % dari APBN, (2) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dan (3) Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Ketiga Wacana ini terangkat dari pemikiran pemerintah. Sedangkan di masyarakat pertanyaan yang muncul kemudian; "Bagaimana pemahaman, harapan dan tawaran para opinion makers terhadap esensi-esensi pendidikan yang dapat berkontribusi pada pembangunan Manusia Indonesia?" Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini bertujuan menggali diskursus yang berkaitan dengan pola logika, pemaknaan dan refleksi tentang pendidikan. Penelitian ini menggunakan paradigma Critical Social Theory dan analisis wacana sebagai teknik analisis. Data yang dipakai berasal dari opini pendidikan KOMPAS periode Juli 2003 s/d Januari 2004. Secara metodik penelitian ini mengkerucut menjadi delapan artikel. Kedelapan artikel muncul setelah melalui proses pengkerucutan tema (81 artikel pendidikan secara umum menjadi 57 tema pendidikan demokratis dan delapan artikel muncul dengan acuan teori Freire dan Giroux). Muncul tiga pembahasan dan wacana tentang pembangunan kualitas manusia Indonesia yaitu prioritas pendidikan, subsidi, dan kemandirian. Ketiga wacana ini merupakan implementasi komitmen pemimpin, kesetaraan, dan keadilan; serta menekankan kesadaran sebagai hasil budaya pendidikan kritis.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: analisis wacana
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 06:31
Last Modified: 05 Mar 2014 06:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8291

Actions (login required)

View Item View Item